Suspensi RELI Bisa Berdampak Sistemik ke Jasa Keuangan

Husen Miftahudin    •    11 November 2015 19:20 WIB
suspensi saham
Suspensi RELI Bisa Berdampak Sistemik ke Jasa Keuangan
Illustrasi. FOTO ANTARA/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Penghentian perdagangan sementara yang dilakukan Bursa Efek Indonesia (BEI) terhadap tiga anggota bursa atau broker terkait transaksi semu saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) dinilai bakal berdampak sistemik di sektor jasa keuangan.

"Karena, Reliance Securities bagian dari Reliance Group. Suspensi ke perusahaan keuangan ini bisa berdampak sistemik ke industri jasa keuangan," kata Pendiri dan Presiden Komisioner PT Reliance Capital Management Anton Budidjaja ditemui di Menara Batavia, Jalan KH Mas Mansyur Kav 126, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Namun demikian, jelas dia, RELI sudah menghadap direksi BEI untuk mendapatkan klarifikasi mengenai suspensi dan BEI berjanji akan segera mencabut surat suspensi terhadap aktivitas perdagangan RELI.

Dia juga menilai, Surat Tugas Pemeriksaan Khusus yang dilayangkan BEI sudah membuat kegaduhan di pasar modal. "Belum apa-apa, tetapi sudah diputuskan suspensi. Dampak sistemiknya pasti lumayan, karena RELI juga merupakan Anggota Bursa dan emiten," tambah dia.

Seperti diketahui, ketiga broker yang dihukum BEI tersebut adalah PT Danareksa Sekuritas, PT Reliance Securities dan PT Millenium Danatama Sekuritas.

Mereka dinilai tidak melakukan manajemen risiko secara handal, tidak melakukan pemantauan terhadap aktivitas perdagangan efek yang dilakukan untuk kepentingan nasabah, serta tidak menjalankan prinsip mengenal nasabah dengan baik.

Berdasarkan surat yang dilayangkan BEI ke Reliance Securities, otoritas bursa menugaskan lima karyawannya untuk memeriksa RELI pada 10-16 November 2015.


(SAW)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

32 minutes Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /