Soekarwo Coret Anggaran Pengadaan Alat Berat Rp63,8 Miliar

Amaluddin    •    11 November 2015 21:25 WIB
apbd
Soekarwo Coret Anggaran Pengadaan Alat Berat Rp63,8 Miliar
Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mencoret anggaran pengadaan alat berat sebesar Rp63,8 miliar yang diajukan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga kepada DPRD Jawa Timur dalam Rancangan APBD Jatim Tahun Anggaran 2016. Sebab pengajuan anggaran itu dinilai bertentangan dengan kebijakan gubernur.

"APBD ini yang merancang gubernur bukan SKPD. Jadi kami coret kalau memang tidak sesuai," kata Soekarwo, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (11/11/2015).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengaku anggaran alat berat itu bukan merupakaan usulan dirinya. Anggaran pengadaan alat berat itu diajukan Kepala Dinas PU Bina Marga Supaat.

"Saya kan sudah putuskan bahwa anggaran untuk alat berat tidak ada. Yang mengambil keputusan gubernur bukan Kepala Dinas (Supaat)," ujar dia.

Soekarwo mengatakan anggaran sebesar Rp63,8 miliar itu awalnya diproyeksikan untuk pemeliharaan jalan mengunakan teknologi baru. "Bukan untuk membeli alat berat, tapi untuk pemeliharaan jalan. Sekali lagi bahwa APBD ini yang merancang gubernur bukan SKPD," imbuh dia.

Sebelumnya, pengajuan anggaran pengadaan alat berat oleh Dinas PU Bina Marga sebesar Rp63.840.000.000 menuai reaksi sejumlah pihak. Bahkan, Pimpinan Komisi D yang menjadi mitra kerja PU Bina Marga pun turut menjelaskan kebutuhan dan fungsi alat berat yang diusulkan Dinas PU Bina Marga Jatim dalam Rancangan APBD Tahun Anggaran 2016.

Padahal, usulan pengajuan alat berat tersebut tidak tercatat dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS). Tiba-tiba muncul dalam Rancangan APBD Jatim 2016.

Bahkan, Supaat  ngotot dengan mengajukan surat ke Gubernur Soekarwo. Supaat, Pj Bupati Jember, itu beralasan pembelian alat berat itu untuk pengerjaan dan perbaikan infrastruktur jalan milik Jawa Timur agar lebih cepat.

Terkait anggaran pengadaan alat berat yang dicoret itu, belum ada tanggapan dari Supaat. Tidak ada respon Supaat saat dihubungi maupun pesan pendek.

 


(TTD)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

4 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /