Wapres Resmikan Kampanye 'Yuk Nabung Saham'

   •    12 November 2015 11:10 WIB
pasar modal
Wapres Resmikan Kampanye 'Yuk Nabung Saham'
Wakil Presiden Jusuf Kalla (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meresmikan kampanye pasar modal dengan tema 'Yuk Nabung Saham' yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Hal ini juga sejalan untuk meningkatkan investor di pasar modal.

"Secara umum, segala upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Itu bisa diukur dari laju pertumbuhan ekonomi, jumlah pekerja, dan pendapatan masyarakat. Dari semua itu, hanya satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan investasi, karena investasi dapat meningkatkan nilai tambah, produktivitas, dan lapangan pekerjaan," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla, seperti dikutip dari Antara, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Menurut Wapres, untuk mendukung kampanye pasar modal ini maka dibutuhkan pemahaman yang baik di masyarakat, dan juga dibutuhkan kebijakan yang seimbang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

"Masyarakat ingin nyaman dengan pendapatan yang tinggi. Selama suku bunga bank tinggi maka investasi saham menjadi kurang menarik. Karena itu, dibutuhkan kebijakan yang seimbang dari OJK dan BI," ujar Wapres.

Menurut Wapres, pasar modal bukan hanya mengumpulkan dana dari masyarakat, namun juga menciptakan kepemilikan bersama dan keadilan di masyarakat. Dengan demikian pemahaman masyarakat mengenai pasar modal harus terus ditingkatkan.

"Kepemilikan saham investor asing sebesar 65 persen. Artinya perusahaan Indonesia sebagian besar dimiliki asing, itu sah-sah saja. Tetapi niat pemerataan kepada seluruh masyarakat tentu tidak tercapai. Itu menjadi masalah," pungkas Wapres.



(ABD)


Video /