Suhu Udara di Kupang Sentuh 37 Derajat

Antara    •    12 November 2015 13:30 WIB
cuaca ekstrem
Suhu Udara di Kupang Sentuh 37 Derajat
Panorama Pelabuhan Tenau di Kecamatan Alak, Kota Kupang, NTT. (MI-Palce Amalo)

Metrotvnews.com, Kupang: Akhir-akhir ini, suhu udara di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mencapai 37 derajat celcius. Masyarakat mengeluh, udara gerah. BMKG sebut ini tanda akan ada cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Lasiana Kupang menyebutkan, cuaca panas itu sebagai akibat dari posisi semu matahari di selatan ekuator. Akibatnya, di wilayah NTT mendapat radiasi lebih banyak.

"Suhu udara di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini mencapai 37 derajat celsius, lebih tinggi dari suhu maksimum pada bulan Oktober lalu yang tercatat 36,7 derajat celsius," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Lasiana Juli Setiyanto di Kupang, Kamis (12/11/2015).

Hal ini yang mengakibatkan masyarakat di Kota Kupang merasa gerah pada siang hari. Pengaruh lain selain suhu udara adalah waktu siang lebih panjang dibanding malam hari. Pada pukul 18.00 Wita, langit Kupang masih terang. Padahal matahari sudah naik pukul 05.00 Wita.

"Saat ini kita dalam masa transisi yang ditandai dengan angin yang bergantian arah dan suhu maksimum. Masa transisi tersebut, pada akhirnya ditandai dengan musim ekstrem yang harus diwaspadai," katanya.

Dia menambahkan, akan ada hujan deras, petir dan angin kencang yang terjadi sesaat untuk memasuki masa transisi.


(SAN)


Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough
Jelang Liverpool vs AS Roma

Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough

19 minutes Ago

Rombongan tim AS Roma, termasuk jajaran pelatih dan para pemainnya telah tiba di Liverpool pada…

BERITA LAINNYA
Video /