Mahyudin: Warga Bali Sudah Menerapkan 4 Pilar Kebangsaan

Pelangi Karismakristi    •    12 November 2015 14:15 WIB
mpr ads
Mahyudin: Warga Bali Sudah Menerapkan 4 Pilar Kebangsaan
Wakil Ketua MPR Mahyudin saat membuka acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di Universitas Dhyana Pura, Denpasar, Bali -- MTVN/Pelangi

Metrotvnews.com, Denpasar: Sosialisasi empat pilar penting digalakkan di seluruh Indonesia, agar nilai kebangsaan tidak bergeser. Namun, sosialisasi 4 pilar kebangsaan nampaknya tidak perlu dilakukan di Bali.

"Karakteristik orang Bali itu ramah, santun dan welcome. Itu sudah mencerminkan empat pilar. Jadi tidak perlu (sosialisasi) lagi," papar Wakil Ketua MPR Mahyudin saat membuka acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di Universitas Dhyana Pura (Udhira), Jalan Raya Padhang Luwih, Dalang, Denpasar, Bali, Kamis (12/11/2015).

Mantan Bupati Kutai Timur itu menjelaskan, empat pilar kebangsaan dapat diperdalam masing-masing individu. Mahyudin yakin bahwa salah satu pilar, yakni Pancasila, sudah terpatri dalam jiwa setiap orang sejak lahir.

"Kalau ditanya hafal Pancasila dan pembukaan UUD 1945 atau tidak, ya hafal. Cuma sekarang pengamalannya sudah bergeser. Maka dari itu kita perlu refresh kembali," imbuh Mahyudin.

Mahyudin juga menyatakan kekagumannya pada Pulau Dewata ini, "Bali gotong royongnya kuat. Misalnya saja saat upacara Ngaben, masyarakat saling bergotong royong. Jangan sampai nilai ini retak," katanya disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa Udhira.

Menurut Mahyudin, sosialisasi empat pilar merupakan bagian dari amanah UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD 3. Tugas MPR salah satunya yaitu memasyarakatkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu negara.

"Agar bangsa Indonesia yang sudah besar ini akan menjadi lebih besar. Semoga empat pilar bisa terus diresapi dalam kehidupan sehari-hari warga Bali," ujar Rektor Udhira Made Nyandra menanggapi.


(NIN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

19 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /