Ketua BPK DKI Bantah Tudingan ICW

Intan fauzi    •    12 November 2015 14:27 WIB
sengketa tanah
Ketua BPK DKI Bantah Tudingan ICW
Ketua BPK DKI Efdinal (tegah) bersama Wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat (kananan) dan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik (Kiri). (Foto: jakarta.bkp.go.id)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DKI Efdinal membantah tudingan Indonesian Corruption Watch (ICW) terkait penyalahgunaan wewenang. Efdinal tidak pernah membeli lahan seluas 9.618 meter persegi di area TPU Pondok Kelapa.
 
Efdinal menceritakan, ada tiga warga yang mengaku sebagai pemilik empat bidang tanah di area TPU Pondok Kelapa. Pada 1990 Pemerintah DKI menguruk tanah mereka, padahal ketiganya belum mendapatkan uang ganti rugi.
 
"Posisi saya saya hanya membantu mereka untuk mendapatkan haknya,” kata Efdinal saat dihubungi, Kamis (12/11/2015).
 
Efdinal bersedia membantu karena ketiganya memiliki surat kepemilikan tanah sah dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Menurut Efdinal, Pemprov DKI pada saat itu mengantongi data yang salah. "Dokumen yang menjadi acuan Pemprov DKI justru mencantumkan keterangan lahan di lokasi berbeda," ujarnya.
 
Efdinal menegaskan, dirinya bukan pemilik lahan di area tersebut. "Saya tidak punya lahan di sana. Itu bukan punya saya. Itu milik masyarakat. Punya tiga orang di empat lokasi," tegasnya.
 
ICW melaporkan Efdinal ke Majelis Kehormatan Kode Etik BPK RI 11 November. ICW menduga, Efdinal membeli lahan seluas 9.618 meter persegi.
 
Berdasarkan data yang dipegang ICW, lahan tersebut dibeli pada 2005 ketika Efdinal masih menjadi staf BPK perwakilan di kota lain. Kemudian pada 2005-2013 Efdinal telah enam kali menawarkan lahan tersebut ke Pemprov DKI. Sayangnya tawaran itu ditolak lantaran lahan itu berstatus sengketa.
 
Efdinal pun mengajukan pada BPK DKI saat itu untuk memeriksa status lahan itu. Namun hingga dirinya menjabat kepala BPK DKI pada akhir 2014, surat laporan hasil pemeriksaan (LHP) tidak keluar.
 
LHP BPK atas tanah itu keluar setelah Efdinal menjabat Kepala BPK DKI. Atas dasar itu, ICW menduga Efdinal telah menyalahgunakan wewenang.


(FZN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /