Kasus Denny Indrayana tak Kunjung P21

Lukman Diah Sari    •    12 November 2015 14:38 WIB
denny indrayana
Kasus Denny Indrayana tak Kunjung P21
Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (27/4).MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkas perkara kasus dugaan korupsi proyek payment gateway dengan tersangka Denny Indrayana tak kunjung rampung. Berkas Denny terus bolak-balik dari penyidik Bareskrim Polri ke Kejaksaan Agung.

Kepala Subdirektorat II Dittipikor Bareskrim Kombes Djoko Purwanto mengakui, berkas Denny belum dinyatakan P21 oleh Kejagung meskipun telah bolak-balik dikembalikan dengan petunjuk Jaksa atau P19.

"Kembali P19 lagi. Terakhir berkas dilimpahkan lagi ke Kejaksaan, Senin (9/11/2015) kemarin," ungkap Djoko di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2015).

Berkas Denny sudah lama cuma bolak-balik dari Bareskrim ke Kejagung, bahkan sejak Kabareskrim masih dijabat Komjen Budi Waseso. Budi kini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional.

"Berkas sudah di sana (Kejagung.Red). Ya sudah, nunggu dinyatakan lengkap atau tidak," kata Budi, empat bulan silam.

Penyidik berharap, berkas Denny segara lengkap dan bisa dilimpahkan ke tahap dua agar bisa disidangkan.

Sebelumnya, Denny sempat meminta tambahan pemeriksaan saksi ahli pada Agustus 2015. Saksi ahli yang diajukan Denny dianggap bisa memberikan keterangan terkait metode pembayaran paspor secara online. Dia menyatakan, pembayaran paspor secara online adalah inovas.

Denny telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi payment gateway. Dia diduga menyalahgunakan wewenang dalam program sistem pembayaran paspor elektronik di Kementerian Hukum dan HAM.

Atas perbuatannya dia dijerat dengan Pasal 2 ayat 2, Pasal 3 dan Pasal 23 UU No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 421 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang penyalahgunaan wewenang secara bersama-sama.


(ICH)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /