Presiden Mesir Janjikan Transparansi Tragedi 7K9268

Willy Haryono    •    12 November 2015 14:58 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Presiden Mesir Janjikan Transparansi Tragedi 7K9268
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menjawab pertanyaan jurnalis dalam kunjungannya ke bandara Sharm el-Sheikh, Rabu (11/11/2015). (Foto: AFP / HO / EGYPTIAN PRESIDENCY)

Metrotvnews.com, Sharm el-Sheikh: Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menjanjikan investigasi transparan atas jatuhnya pesawat maskapai Rusia di Sinai. 

Komentar dilontarkan Sisi dalam kunjungan mendadak ke bandara Sharm el-Sheikh, tempat bertolaknya pesawat maskapai Kogalymavia dengan nomor penerbangan 7K9268. 

Sejumlah petinggi negara asing, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, menduga ledakan bom sebagai penyebab jatuhnya 7K9268. Kelompok militan Islamic State (ISIS) cabang Sinai mengklaim bertanggung jawab atas 7K9268.

Sisi, yang mementahkan klaim ISIS sebagai "propaganda," menegaskan hanya penyelidikan resmi yang dapat menentukan penyebab pasti di balik tragedi.

"Saya berharap tidak ada satu pihak pun yang mendahului hasil investigasi resmi," ujar Sisi, seperti dikutip AFP, Rabu (11/11/2015). 

"Kami akan menjalankan investigasi kasus ini dengan transparansi dan integritas," sambung dia. 

Dipilih pada 2014 usai menggulingkan pendahulunya, Presiden Sisi bertekad menghabisi pemberontak dan ekstremisme di Mesir.

Pemberontakan di Sinai terus terjadi sejak Presiden Morsi digulingkan Sisi, yang kemudian memerintahkan operasi "sapu bersih" terhadap seluruh pendukung Morsi. 

Pesawat 7K9268 jatuh 23 menit usai bertolak dari Sharm el-Sheikh menuju Saint Petersburg, Rusia, pada 31 Oktober. Seluruh penumpang dan kru dengan total 224 orang meninggal dunia.


(WIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /