PP Muhammadiyah Sebut Kinerja Pemberantasan Korupsi Melemah

Tri Kurniawan    •    12 November 2015 15:03 WIB
kasus korupsi
PP Muhammadiyah Sebut Kinerja Pemberantasan Korupsi Melemah
Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Pusat Muhammadiyah menilai kinerja penegak hukum dalam memberantas korupsi melemah. Setidaknya ada tiga indikator melemahnya pemberantasan korupsi.

Pertama, kasus-kasus korupsi besar tidak ditangani dengan baik. PP Muhammadiyah tidak melihat komitmen lembaga penegak hukum selain KPK dalam menangani korupsi.

"Kami percaya ada (kinerja) dari Kejaksaan dan Kepolisian tapi kami sedikit pesimistis jika harus menuntaskan sebuah kasus korupsi tanpa peran KPK," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Kedua, PP Muhammadiyah menilai proses hukum kasus korupsi berlarut-larut. Haedar mengindikasikan ada campur tangan politik dalam penegakan hukum. "Kami tidak ingin ada intervensi politik dalam kasus mana pun," tegas dia.

Terakhir, PP Muhammadiyah menduga ada pelemahan KPK secara sistematis melalui revisi UU. Pemilihan pimpinan KPK yang tak kunjung dilakukan, dinilai salah satu upaya melemahkan lembaga ini.

Haedar berharap semua pihak menyadari kondisi ini. Dia khawatir jika kinerja pemberantasan korupsi terus melemah, kemajuan positif dalam penegakan hukum akan berhenti.

Proses hukum di KPK yang mangkarak di antaranya dugaan korupsi bail out Bank Century, korupsi pengadaan barang dalam proyek pembangunan Sekolah Olahraga Hambalang, skandal penerbitan Surat Keterangan Lunas BLBI, dan kasus pajak BCA.

Sedangkan proses hukum kasus korupsi di Kepolisian yang menjadi perhatian publik namun kelanjutan hingga saat ini belum jelas seperti dugaan korupsi di Pertamina Foundation, korupsi penjualan kondensat, dan korupsi di PT Pelindo II. (Antara)


(TRK)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /