Pancasila Semakin Dibutuhkan

Pelangi Karismakristi    •    12 November 2015 15:03 WIB
mpr ads
Pancasila Semakin Dibutuhkan
Wakil Ketua MPR Mahyuddin.

Metrotvnews.com, Denpasar: Seiring majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak warisan luhur yang mulai terabaikan. Budaya tolong-menolong dan gotong royong misalnya, makin terpinggirkan dan jauh dari kehidupan masyarakat.

"Kebiasaan bermusyawarah untuk mufakat juga semakin jarang ditemukan. Sebagai gantinya, masyarakat makin individualisme dan kehilangan kebersamaan," ujar Wakil Ketua MPR Mahyudin saat membuka sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Universitas Dhyana Pura, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (12/11/2015).

Pada saat yang sama, keretakan hubungan anggota masyarakat semakin gampang ditemukan. Gesekan antarumat berama semakin sering terjadi.

"Demikian juga tawuran masal serta pertikaian, semakin sering terjadi dimana-mana," tutur Mahyudin.

Melihat realitas tersebut, Mahyudin menegaskan bahwa keberadaan Pancasila semakin dibutuhkan. Apalagi, selama 10 Pancasila terbukti mampu mempertahan persatuan.

"Namun, ada pihak yang kurang senang melihat MPR aktif mensosialisasikan Empat pilar. Pihak-pihak itulah yang tidak menginginkan Indonesia tetap utuh bersatu", tambah Mahyudin.

Kali ini, Mahyudin menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di kalangan Kerukunan Usaha Kecil Menengah Indonesia (KUKMI) Provinsi Bali dan mahasiswa Universitas Dhyana Pura Bali. Hadir pula dua anggota MPR menjadi narasumber, yaitu anggota MPR Kelompok DPD I Gede Pasek dan anggota MPR Fraksi Partai Golkar MPR Bowo Sidiq Pangestu.
 


(NIN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /