DKI Atur Pemotongan Ayam Sesuai Ajaran Islam

Intan fauzi    •    12 November 2015 15:04 WIB
basuki tjahaja purnama
DKI Atur Pemotongan Ayam Sesuai Ajaran Islam
Ilustrasi tempat pemotongan ayam. (Foto:MI/Dede Susianti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengatur cara pemotongan ayam sesuai ajaran Islam. Aturan itu diterapkan untuk mengantisipasi timbulnya penyakit dari cara pemotongan yang salah.
 
"Kami ingin mendidik masyarakat cara potong ayam yang benar dan sehat. Saya pernah belajar beberapa kali dengan orang muslim. Sebetulnya muslim mengajarkan, kalau potong ayam darah harus netes hingga habis, tidak boleh langsung direbus. Kenyataan di pasar banyak pedagang yang potong ayam langsung lempar ke air mendidih," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2015).
 
Cara pemotongan berdasarkan ajaran Islam dinilai Ahok sama dengan sistem pemotongan ayam modern. "Pemotongan hewan yang modern itu ada jeda waktu tiga menit untuk meneteskan darah hingga habis baru dikemas. Ini harus disosialisasikan," ujar Ahok.
 
Pemprov DKI telah meminta PD Dharma Jaya untuk melakukan sosialisasi dan memberikan sertifikat kepada pemotong hewan. Pemprov DKI memiliki slogan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal). Rencananya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan digandeng untuk memberikan ilmu tata cara pemotongan ayam.
 
"Kami ingin memanfaatkan pemotongan hewan, pemotong kita ajak dan diatur di Dharma Jaya pemotongannya. Kami minta MUI mengajarkan. Di Arab Saudi, Malaysia, sudah tidak ada potong hewan sembarangan," ujarnya.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu meminta Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI fokus ke tata cara pemotongan ayam yang halal.
 
"Dinas Kelautan hanya fokus untuk kesehatan, penyuluhan terutama dari sisi agama, keyakinan. Orang yakin ayam yang dipotong halal. Kalau ayam dipotong tanpa doa langsung dicemplung ke air panas itu haram. Tapi banyak yang belum mengerti, jadi harus disosialisasi," kata Ahok.


(FZN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /