Jateng Duduki Peringkat 4 BAB di Sembarang Tempat

Iswahyudi    •    13 November 2015 09:58 WIB
kesehatan
Jateng Duduki Peringkat 4 BAB di Sembarang Tempat
Kepala sub bidang Higienis, Sanitasi, dan Penyakit Dirjen Kemenkes, Mahmud Yunus di Kendal, Jawa Tengah, Kamis (12/11/2015). (Metrotvnews.com/Wahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Dari 80-an ribu desa di Indonesia, hanya 4.585 desa yang berhenti buang air besar (BAB) di sembarang tempat. Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat ke empat daerah yang penduduknya BAB di sembarang tempat.

Menurut catatan Kementerian Kesehatan, ada 55 juta penduduk Indonesia yang BAB tidak pada tempatnya. Dari jumlah itu, 10 juta di antaranya adalah masyarakat Jateng.

"Untuk itu pemerintah terus memicu dan memacu supaya masyarakat memiliki kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan," kata Kepala sub bidang Higienis, Sanitasi, dan Penyakit Dirjen Kemenkes, Mahmud Yunus di Kendal, Jawa Tengah, Kamis (12/11/2015).

Yunus menambahkan, masyarakat diharap menerapkan lima pilar. Yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum, makanan, limbah, dan pengelolaan sampah rumah tangga.

Sementara itu, Kabid Pengandalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Kendal, Sri Handoyo menyebut hampir semua desa di wilayahnya masih BAB tidak pada tempatnya.  

"Tahun 2019, kami harap semua desa dan kelurahan sudah bisa menyusulnya. Sehingga semua warganya sudah buang air besar di jamban," harapnya.


(SAN)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /