PDIP Akan Adukan KPU Lampung Timur ke Bawaslu

Antara    •    13 November 2015 11:26 WIB
pilkada serentak
PDIP Akan Adukan KPU Lampung Timur ke Bawaslu
Ilustrasi--dok MI

Metrotvnews.com, Jakarta: DPP PDIP akan mengadukan KPU Kabupaten Lampung Timur ke Bawaslu RI. Aduan dilayangkan lantaran KPU Kabupaten Lampung Timur menggugurkan calon bupati dari PDIP, Erwin Arifin. Alasannya, calon wakil bupati pasangan Erwin, Prio Budi Utomo, meninggal.

"Akibat kesalahan tafsir yang dilakukan KPU Lampung Timur tersebut, maka PDIP, PAN dan PKS sebagai partai yang berkoalisi dalam pilkada Lampung Timur telah dirugikan hak konstitusinya," kata Ketua Departemen Internal DPP PDI Perjuangan Sudiyatmiko Aribowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Menurut Sudiyatmiko, KPU Lampung Timur telah salah mengartikan frasa 'pasangan calon yang berhalangan tetap' dalam ketentuan Pasal 54 ayat (5) UU No 8 Tahun 2015.

Keputusan KPU Lampung Timur itu menafsirkan UU dengan menganggap apabila salah satu calon mengalami halangan tetap, dalam hal ini meninggal dunia/terkena putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, pasangan calon bupati dan wakil bupati digugurkan keduanya sebagai peserta pilkada.

Rencananya, pukul 13.00 WIB nanti, DPP PDIP bersama DPP PAN dan DPP PKS akan melaporkan tindakan KPU Lampung Timur tersebut kepada Bawaslu RI.

"Kami akan minta Bawaslu segera melakukan tindakan yang dianggap perlu untuk menyelesaikan permasalahan di pilkada Lampung Timur," ujarnya.

Calon bupati Erwin Arifin melalui kuasa hukumnya juga sedang mengajukan uji materi atas pasal yang mendasari pengguguran pencalonan tersebut, yakni Pasal 54 Ayat 5 UU 8/2015.

Calon wakil bupati Lampung Timur Prio Budi Utomo meninggal Rabu (4/11/2015). Prio Budi Utomo tutup usia setelah sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit kerena karena terserang penyakit diabetes.

Prio Budi Utomo berpasangan dengan Erwin Arifin dalam bursa pencalonan kepala daerah di Kabupaten Lampung Timur. Calon ini diusung tiga partai politik, yakni PDI Perjuangan, PKS dan PAN.


(YDH)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /