Makan Daging Bakar atau Panggang Picu Kanker Ginjal

   •    13 November 2015 15:25 WIB
Makan Daging Bakar atau Panggang Picu Kanker Ginjal
Daging bakar bisa picu kanker ginjal. (Foto:thekitchn.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hati-hati, menyantap daging yang dipanggang atau dibakar pada tempat terbuka terbukti menimbulkan risiko penyakit kanker. Para ahli University of Texas menemukan bila memasak di atas api terbuka menghasilkan reaksi kimia antara wajan dan panas api.

"Reaksi ini akan menciptakan bahan kimia yang disebut amina heterosiklik. Senyawa yang meningkatkan risiko kanker ginjal pada orang dewasa," ujar mereka.

Jurnal medis kanker juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bahan kimia yang tertempel pada daging panggang atau bakar lebih besar mengembangkan karsinoma sel ginjal.

Peningkatan kanker sel ginjal memang meningkat pesat dalam kurun waktu terakhir terutama di negara maju. Para ilmuwan menduga ini disebabkan karena masyarakat terlalu banyak menyantap daging, terutama yang dibakar.

Padahal, pemerintah sudah merekomendasikan orang dewasa tidak makan daging merah atau olahan lebih dari 70 gram sehari atau 500 gram dalam seminggu. Tapi sepertinya pedoman ini akan berubah menyusul laporan terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, menurut Sarah Williams, manajer informasi kesehatan Penelitian Kanker di Inggris, tidak boleh asal menarik kesimpulan akan hubungan daging dan kanker ginjal.

"Masih diperlukan penelitian yang lebih besar. Karena kita juga perlu memahami apakah daging yang diolah dengan tepat juga berisiko kanker ginjal atau tidak," jelasnya.

Lagipula, Sarah melanjutkan, solusi paling tepat terhindar penyakit kanker ginjal hingga kini adalah tidak merokok dan menjaga berat badan sehat.

Perlu diketahui, studi terdahulu telah menemukan hubungan antara daging yang terbakar hangus dengan munculnya kanker usus besar, lambung, prostat dan pankreas. Mengejutkan lagi, penelitian terbaru melaporkan bahwa hanya makan 280 gram steak setiap minggu meningkatkan risiko kanker usus lebih dari 2/5 persen. (Sumarni/ Dailymail)
(LOV)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

18 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /