Divonis Mati Anak Buah Wong Chi Ping

Anak Buah Wong Chi Ping Termenung, Humas BNN Acungi Jempol

Ilham wibowo    •    13 November 2015 15:53 WIB
wong chi ping
Anak Buah Wong Chi Ping Termenung, Humas BNN Acungi Jempol
Ahmad Salim Wijaya--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews, Jakarta: Ahmad Salim Wijaya hanya termenung saat majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menvonis dirinya denan hukuman mati. Salim terbukti bersalah membantu peredaran narkotika di Tanah Air.

Salim adalah kaki tangan bandar besar narkotika Wong Chi Ping. Bandar ini menyelundupkan sabu 862 kilogram senilai Rp1 triliun menggunakan kapal laut dari Filipina menuju Jakarta.

Salim juga berperan menyediakan rumah, akomodasi dan mengurus masuknya narkoba menggunakan kapal KM 6633 ke Pelabuhan Dadap, Tangerang.

"Mengadili dan menyatakan Ahmad Salim Wijaya melakukan tindak pidana permufakatan jahat narkotika yang beratnya melebihi 5 gram, menghukum pidana mati, memerintahkan agar terdakwa tetap ditahan," kata Ketua Majelis Hakim Sahlan di PN Jakarta Barat, Jumat (13/11/2015)

Di ruangan yang sama, Kabag Humas Badan Narkotika Nasional Slamet Pribadi tersenyum mendengar vonis itu. Pria yang pernah menjadi penyidik kasus Wong Chi Ping itu gembira. Ia mengeluarkan jempol tangan kepada pewarta.

Wong akan divonis di PN Jakbar. Persidangan pemilik 862 kilogram sabu itu dijadwalkan pukul 14.00 WIB di ruang sidang Kusumah Atmadja. Persidangan akan dipimpin Ketua Majelis Hakim Moch Arifin.

PN Jakbar dijaga ketat polisi. Pantauan Metrotvnews.com, akses masuk ke pengadilan dijaga sejumlah anggota Brimob Polda Metro Jaya. Hanya wartawan yang diizinkan masuk ke ruang sidang guna peliputan.

Wong Chi Ping merupakan buronan tujuh negara. Dia dicari oleh penegak hukum Tiongkok, Malaysia, Myanmar, Thailand, Amerika Serikat, Indonesia, dan Filipina.

Pria beristri warga Indonesia ini berupaya menyelundupkan 862 kilogram sabu dari Guangzhou, Tiongkok, ke Indonesia. Tim BNN mengintai pergerakan Wong Chi Ping sejak tiga tahun lalu.

Pada 5 Januari 2015, Wong Chi Ping akhirnya ditangkap di Kalideres, Jakarta Barat. Bersama Wong ditangkap tiga warga Hong Kong, seorang warga Malaysia, dan empat warga Indonesia.


(YDH)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

2 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /