Paus Fransiskus Ucapkan Belasungkawa untuk Mgr Pujasumarta

Patricia Vicka    •    13 November 2015 15:56 WIB
tokoh
Paus Fransiskus Ucapkan Belasungkawa untuk Mgr Pujasumarta
Prosesi ibadat pemakaman Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta, di Seminari Tinggi Kentungan, Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepergian Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta tak saja diratapi umat Katolik di Indonesia. Bahkan, Paus Fransiskus secara khusus menyampaikan belasungkawa mendalam.

Paus Fransiskus menyebut mendiang Mgr Pujasumarta sebagai gembala yang rajin menyapa dan mengunjungi umatnya.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya beliau. Selama hidupnya, monsinyur sudah menghayati sebagai gembala yang baik bagi dombanya," ujar Paus Fransiskus seperti diucapkan Duta besar Vatikan untuk Indonesia Monsinyur Antonio Guido Filipazzi, di Seminari Kentungan, Yogykarta Jumat (13/11/2015).

Dalam pidato berbahasa Latin itu, Paus meminta umat berdoa dalam hening agar arwah uskup diterima di sisi Bapa. "Tuhan sudah menyiapkan pemimpin yang baru. Umat perlu berdoa agar terpilih orang yang tepat dan bisa menjadi pemimpin yang baik," tegasnya.

Ribuan umat Katolik yang memadati Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan tampak larut dalam duka. Bahkan, tak sedikit yang menitikkan air mata ketika Misa Requiem berlangsung.

Mgr Pujasumarta meninggal pada Selasa 10 November, sekitar pukul 23.55 WIB. Setelah disemayamkan beberapa hari, siang tadi jenazah uskup kelahiran 27 Desember 1949 itu dikebumikan.

Pemakaman ini tak hanya dihadiri umat Katolik. Tampak pula umat dari agama lain hadir memberikan penghormatan terakhir untuk pria yang ditahbiskan menjadi Uskup Agung Semarang tahun 2011. Antara lain dari perwakilan Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB).


(SAN)

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand
Timnas Indonesia U-16

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand

1 hour Ago

Meski meraih kemenangan, Indonesia masih mendapat beberapa catatan kelemahan dari netizen. Menu…

BERITA LAINNYA
Video /