Dituduh Pukul Pemain Muda, Mantan Pemain Naturalisasi Indonesia Diskors

Achmad Firdaus    •    13 November 2015 19:14 WIB
bola dunialiga indonesia
Dituduh Pukul Pemain Muda, Mantan Pemain Naturalisasi Indonesia Diskors
Jhon Van Beukering saat memperkuat Timnas Indonesia (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Mantan pemain naturalisasi Indonesia, Jhon Van Beukering mendapat sanksi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Mantan pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut dituduh telah melakukan kekerasan kepada pemain muda.

Kejadian tersebut terjadi dalam sebuah pertandingan junior antara SC Veluwezoom melawan DVC'26 pada 2 September lalu. Saat itu, Van Beukering yang menjabat sebagai pelatih SC Veluwezoom dilaporkan telah melakukan tindak kekerasan dengan memukul salah satu pemain muda, usai pertandingan.

Akibat tindakannya itu, mantan penggawa Timnas Indonesia itu mendapatkan sanksi skorsing selama satu tahun dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Namun, setelah mengajukan upaya banding, KNVB akhirnya mengurangi hukuman Van Beukering menjadi enam bulan.

Meski hukumannya telah dikurangi, Van Beukering tetap kecewa. Ia tidak terima dengan sanksi tersebut karena merasa tidak melakukan tindakan kekerasan apapun.

"Saya dihukum atas dasar laporan keterlaluan. Anda tidak berpikir saya akan memukul seorang anak? Saya punya tiga anak. Saya senang bahwa hukuman saya berkurang. Sanksi 12 bulan itu konyol, tapi ini juga masih terlalu banyak," tegasnya.

Dengan keputusan ini, maka, Van Beukering dipastikan tidak boleh mendampingi tim atau memberikan pelatihan di SC Veluwezoom hingga 24 Maret 2016.

Jhon Van Beukering merupakan pemain Belanda keturunan Indonesia. Lantaran tidak pernah bermain di Timnas senior Belanda, mantan penyerang Vitesse, De Graafschap, dan Feyenoord akhirnya dinaturalisasi pada 2011 untuk kemudian memperkuat Timnas Indonesia.

Selama memperkuat Skuat Garuda, Van Beukering tampil di beberapa laga uji coba. Di ajang resmi, ia tampil di Piala AFF 2012, dan memberikan satu assist atas gol yang dicetak Bambang Pamungkas saat Indonesia menghadapi Malaysia.

Di level klub, Van Beukering sempat memperkuat Pelita Jaya pada 2011--2012, sebelum akhirnya memutuskan kembali ke Belanda dan kemudian memutuskan pensiun. (de Gelderlander)


(ACF)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /