Kepala Badan PPSDM: Dokter Menyatakan Andra Tak Layak Dievakuasi

Meilikhah    •    13 November 2015 21:05 WIB
kesehatan
Kepala Badan PPSDM: Dokter Menyatakan Andra Tak Layak Dievakuasi
Jenazah Donisius Giri Samodra tiba di rumah duka. Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan membantah lalai menangani kasus meninggalnya Dionisius Giri Samodra, dokter yang tengah menjalani program internship di Kepulauan Aru, Maluku. Dokter dan rumah sakit yang merawat Andra, sapaan Dionisius, diklaim punya kompetensi dan fasilitas lengkap. 

Menurut Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan Usman Sumantri, bantuan medis untuk Andra sudah disiapkan sejak hari pertama perawatan Andra.  

"Transport satu hari sejak dia sakit sudah disiapkan. Cuma, mencari pesawat seperti heli (untuk merujuk) mesti izin pihak berwenang dulu kan," kata Usman di Kantor Kementerian Kesehatan, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).

Menurut Usman, Kemenkes sudah melakukan upaya maksimal untuk memberi pertolongan pada Andra. Namun, kondisi Dokter muda yang kian waktu terus memburuk, membuat tim dokter yang menanganinya angkat tangan.

"Kondisi umum, dia berbahaya kalau dirujuk melalui transportasi udara, laut dan lain-lain," kata Usman.

Dikatakan Usman, desakan untuk merujuk Andra ke rumah sakit yang lebih memadai dengan fasilitas kesehatan lengkap pun tak hanya datang dari tim dokter dan rekanan Andra, juga bupati di wilayah kerja Andra. Namun, saat diberitahu risiko pemindahan Andra, bupati pun menyerah.

"Tapi dokter malah bilang kalau terjadi apa-apa bupati yang tanggung jawab, jadinya enggak jadi. Karena dokter itu punya kewenangan untuk tidak merujuk kalau dia masih dalam kondisi seperti itu," jelas Usman.

Andra meninggal karena sakit sehari sebelum Hari Kesehatan Nasional, pukul 18.18 WITA, Rabu 11 November. Virus campak, penyakit yang ia derita menjalar hingga ke otak. Jenazah Andra tiba di Jakarta, Jumat pagi. Jenazah baru dikebumikan Minggu, 15 November 2015.


(KRI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /