Ahok Dukung Angkutan Umum Wajib Tutup Pintu saat Beroperasi

Ilham wibowo    •    14 November 2015 16:28 WIB
angkutan umum
Ahok Dukung Angkutan Umum Wajib Tutup Pintu saat Beroperasi
Ilustrasi angkutan umum di DKI Jakarta. (Foto: MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mendukung aturan yang mewajibkan angkutan umum menutup pintu saat beroperasi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Polda Metro Jaya untuk melakukan penindakan pelanggaran yang mungkin bakal terjadi.

"Tentu saya dukung. Sekarang bus semua sudah tertutup," tutur pria yang akrab disapa Ahok saat ditemui di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (14/11/2015).

Saat ini pemerintah DKI Jakarta tengah gencar melakukan sosialisasi aturan ini. Nantinya pengendara kendaraan umum yang masih nekat membuka pintu saat berkendara akan dilakukan tindak pelanggaran lalu lintas.

"Itu sudah menjadi tugasnya Polda (Metro Jaya)," ucap suami Veronica Tan ini.

Mulai Senin 16 November, seluruh angkutan umum di Jakarta wajib menutup pintu. Berani melanggar, polisi akan mengganjar tilang dan denda Rp250 ribu.

"Ini sudah ada payung hukumnya. Jangan bandel," kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Aturan yang dimaksud Budiyanto adalah Pasal 124 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pengemudi angkutan umum yang melanggar akan dikenai sanksi pidana dengan hukuman penjara selama 1 bulan atau denda Rp250 ribu.

Budi menjelaskan, jajarannya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah gencar menyosialisasikan aturan ini ke terminal-terminal dan sejumlah pangkalan angkutan umum. Senin pekan depan, pengemudi wajib menerapkan aturan tersebut.

Menurut Budi, aturan tersebut digalakkan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan para pengguna moda transportasi umum. Terlebih selama ini banyak sekali angkutan umum yang muatannya melebihi batas. Bahkan tak jarang para penumpang bergelantungan di pintu kendaraan.

"Itu kan jelas membahayakan penumpang, juga pengendara lain. Aturan ini memang harus ditegakkan untuk keselamatan," tutur Budi.

Budi membantah jika aturan tersebut akan meningkatkan kerawanan kejahatan pada angkutan umum. Sebab, lanjutnya, petugas lalu lintas akan selalu memantau di sepanjang jalan.

"Petugas banyak di lapangan, jika ada tindakan kriminal segera dilaporkan," ucapnya.


(MEL)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /