Pelaku Penyerangan Paris Dilakukan Tiga Kelompok

bbc, Githa Farahdina    •    15 November 2015 05:29 WIB
prancis diserang
Pelaku Penyerangan Paris Dilakukan Tiga Kelompok
Suasana pascapenyerangan Paris/Foto;Slate

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaksa Paris Francois Molin menegaskan pihaknya sudah mendapat petunjuk tentang pelaku penyerangan di Paris, Prancis, Jumat malam waktu setempat. Serangan diduga dilakukan tiga kelompok yang saling terkoordinasi. Pihaknya saat ini berusaha mencari tahu asal pelaku penyerangan dan bagaimana pendanaan mereka.

"Kemungkinan ada tiga kelompok teroris yang terkoordinasi di balik penyerangan barbar ini," kata Molins.

Selain itu, petugas menemukan passport Suriah di samping tubuh pelaku bom bunuh diri. Pemilik passport adalah lelaki muda yang terlihat tiba di Leros bersama 69 pengungsi. Namun, belum ada konfirmasi yang membenarkan pemilik passport adalah pelaku sebenarnya. Passport Mesir juga ditemukan di dekat Stade de France.

Polisi juga berhasil mengidentifikasi pelaku penyerangan di Bataclan. Ia adalah seorang pemuda Paris yang memiliki keterkaitan dengan ektremis Islam. Penembak berusia 30 tahun ini diduga berasal dari pinggiran kota Courcouronnes. Polisi mudah mengidentifikasi karena data pria ini ada dalam database penegak hukum. Ia memiliki catatan kriminal tapi tak pernah dipenjara.

Sementara berdasarkan informasi yang dilansir Sky News, tiga dari tujuh penyerang tertangkap di Brussels. Polisi bisa melacak dari keberadaan mobil mencurigakan dengan nomor polisi Belgia di sekitar Bataclan. Menurut Molins, penangkapan dilakukan setelah investigator melacak kendaraan tersebut.

Ada pula dugaan satu tersangka masih menjadi target penangkapan polisi. Salah satu penyerang disebut-sebut seorang wanita. Keterangan saksi menyebut melihat seorang wanita bersenjata di Bataclan.(Slate/BBC)


(OJE)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /