Alasan Pertamina Gunakan Pihak Ketiga Mengaudit Petral

Al Abrar    •    15 November 2015 16:46 WIB
petral
Alasan Pertamina Gunakan Pihak Ketiga Mengaudit Petral
Lambang Pertamina di belakang sebuah mobil pengangkut BBM. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengungkapkan alasan mengunakan pihak ketiga dalam mengaudit Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Audit dilakukan oleh KordhaMentha terkait kejanggalan transaksi pengadaan dan BBM Impor.

"Audit forensik ini dilakukan untuk menggali semua yang ada di luar sistem," kata Coorporate Secretary Pertamina Wisnutoro di Dewan Pers, Minggu (15/11/2015).

Menurut Wisnu, meski Badan Pemerikasaan Keuangan (BPK) telah mengaudit Petral. Investigasi oleh pihak ketiga sangat diperlukan sebab terbukti dalam temuannya disinyalir ada temuan-temuan bermasalah.

Apalagi, lanjut Wisnu, Audit BPK hanya sebatas keuangan. Sementara audit forensik mendalami info dari dalam kepada pihak ketiga.

"BPK kan audit yang operasional transaksi, kalau audit forensik ini berbeda dan dalam audit tersebut ditemukan beberapa temuan kecil," tegasnya.

Wisnu menegaskan, dalam menunjuk KordhaMentha sebagai auditor pihaknya telah melakukan tender. Dari enam perusahaan yang mengikuti tender, kata dia, KordaMentha yang memenangkan tender.

Terkait temuan setebal 63 halaman tersebut, kementerian BUMN akan segera menyerahkan hasil audit tersebut ke presiden usai kembali menghadiri G20 di Turki. "Nanti akan dilaporkan oleh Menteri BUMN dan pemegang saham," tukas dia.

Sekedar informasi, Pertamina menunjuk PT KordhaMentha mengaudit forensik pada anomali harga beli minyak 2012-2014 ke anak perusahaannya, Petral. Dalam hasil laporan itu menyebut harga beli minyak menjadi mahal karena adanya intervensi pihak ketiga.


(OGI)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /