Serangan Paris Tak Pengaruhi Pasar Keuangan Global

   •    15 November 2015 17:45 WIB
prancis diserang
Serangan Paris Tak Pengaruhi Pasar Keuangan Global
illustrasi. Getty Images/AFP

Metrotvnews.com, Paris: Para analis  mengatakan ulah sekelompok militan yang melancarkan  serangkaian serangan di Paris hingga menewaskan 129 orang tak akan menimbulkan dampak atau reaksi pasar berkepanjangan.


Hal ini karena respon cepat dari Pemerintah Perancis. Presiden Francois Hollande telah menyatakan keadaan darurat, menyiagakan polisi dan tentara di jalan-jalan, serta memberlakukan tiga hari  berkabung nasional atas serangan, yang disebutnya sebagai tindakan perang oleh kelompok Negara Islam (IS).


Kepala ekonom AMP Capital Australia Shane Oliver menuturkan pembantaian yang segera menuai kecaman pemimpin-pemimpin dunia  dan mengundang curahan dukungan bagi seluruh warga Paris itu hanya akan menimbulkan dampak spontan terhadap keputusan investasi.


"Sejarah akan menunjukkan pada kita bahwa dampak ekonominya terbatas -dan saya rasa akan demikian, bahwa pasar akan segera pulih dan kembali  fokus pada hal-hal lainnya," kata Oliver yang juga merupakan kepala strategi perusahaan manajemen kekayaan bernilai USD156 juta sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (15/11/2015).


Kepala analis teknis Daiwa Securities Eiji  Kinouchi di Tokyo menduga  akan terjadi kepanikan jika peristiwa itu terjadi selama jam perdagangan saham.


"Namun pasar memiliki akhir pekan untuk  mencerna segala informasi," kata dia.


Dengan penutupan Wall Street yang lebih rendah satu persen setelah lemahnya angka penjualan ritel Amerika Serikat, pasar saham Asia dan Eropa diperkirakan akan jatuh meski pun tanpa dampak serangan Paris.


Analis  pasar finansial dan fiskal SMBC Nikko Securities Hidenori Suezawa mengatakan tak melihat dampak luas akibat dari insiden tersebut.


Sebelumnya, Eropa telah mengalami beberapa serangan serupa dalam sistem transportasi umum seperti yang terjadi di Madrid pada 2004 dan London  pada 2005. Hampir 250 orang tewas dan lebih dari 2.500 orang terluka dalam pengeboman di kereta dan bus-bus yang dilakukan oleh kelompok  militan yang terinspirasi Al Qaida.


"Saya sangat berharap serangan ini hanya akan berdampak pendek dan segera mereda, sehingga reaksi pasar hanya mencakup upaya penyelamatan  singkat di Pasar Keuangan," ujar Kepala Strategi Pendapatan Tetap Janney  Montgomery Scott LLC Guy LeBas


(SAW)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /