SAR Gelar Latihan Antisipasi Banjir dan Puting Beliung

Ismail    •    15 November 2015 20:29 WIB
banjir
SAR Gelar Latihan Antisipasi Banjir dan Puting Beliung
Tim SAR Bandung menggelar latihan antisipasi bencana banjir, MTVN - Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Tim Search and Rescue (SAR) bersiaga mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi di sejumlah lokasi di Jawa Barat. Salah satu yang menjadi antisipasi yaitu bencana puting beliung dan banjir.

Pada Minggu 15 November, SAR melatih sejumlah personel dan relawan untuk mengantisipasi banjir. Latihan penyelamatan bencana air berlangsung di kawasan Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Salah satu kegiatannya yaitu menyelamatkan warga yang terjebak banjir. Relawan beserta petugas menggunakan perahu karet untuk menyelamatkan korban.

Ketua Relawan Jatinangor, Dedeng Saepurohman, mengatakan kegiatan itu bertujuan agar warga siaga terhadap bencana banjir di kabupaten tersebut. Para relawan berasal dari sejumlah kecamatan di Sumedang seperti Jatinangor, Tanjungsari, Sukasari, Rancakalong, Sumedang Selatan, Ganeas, Situraja, dan Conggeang.

"Di Sumedang itu ada beberapa daerah rawan banjir seperti Jatinangor, Cimanggung, dan Sumedang Utara," kata Dedeng.

Selain itu, SAR juga menyebutkan sejumlah wilayah di provinsi itu rawan puting beliung. Lantaran itu SAR menyiapkan personel untuk mengantisipasi bencana tersebut.

"Anggota SAR di Jabar sebanyak 80 orang. Mereka dibekali keahlian dasar yang bisa diandalkan. Misal pertolongan di air dan longsor," ungkap Kepala SAR Bandung, Anggit Mulyo.


(RRN)


Kalahkan PSG, Performa Madrid Dinilai Biasa Saja
Leg I Babak 16-Besar Liga Champions 2017--2018

Kalahkan PSG, Performa Madrid Dinilai Biasa Saja

1 hour Ago

Kekalahan PSG dari Madrid ternyata mengejutkan mantan gelandang Barcelona Xavi Hernandez. Pemai…

BERITA LAINNYA
Video /