JK Sindir DPRD Sumatera Utara

Dheri Agriesta    •    15 November 2015 20:35 WIB
JK Sindir DPRD Sumatera Utara
Jusuf Kalla. Antara/Dokmas

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla tak pernah kehabisan cara untuk menyindir kinerja pemerintah yang dianggap tak benar. Kali ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara menjadi sasaran sindiran JK.

DPRD Sumut menjadi sorotan setelah lima bekas legislator mereka ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus suap pengguran hak interpelasi. Mereka diduga menerima uang dari Gubernur Sumut nonaktif Gatot Pujo Nugroho.

Sindiran itu disampaikan JK saat memberikan pidato di hadapan pejabat pemerintah Provinsi Aceh dalam puncak peringatan 10 tahun MoU Helsinki di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu (15/11/2015).

"Saya harap Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terus mengawasi yang kurang baik (dari pemerintah Aceh). Saya yakin DPRA beda dengan DPRD Sumut, berjamaah untuk hal baik. Berjamaah bukan hal yang salah, saya yakin DPRA tidak begitu," kata JK.

JK mengharapkan DPRA dapat mengawasi pemerintah Provinsi Aceh dalam melakukan pembangunan di daerah. Pemerintah Pusat, kata JK, telah memberikan Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Otonomi Khusus, dan dana bagi hasil kekayaan alam yang lebih besar dari daerah lain.

Dana itu sebaiknya dapat dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dan perekonomian di Aceh. Bantuan itu disahkan dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Bantuan itu sebagai bentuk koreksi atas kesalahan yang dibuat pemerintah di masa lalu kepada rakyat Aceh. "Sekarang tanggung jawab, bola di tangan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Nangroe untuk menjalankan pemerintahan ini dengan sebaiknya. Suatu pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang kompak," tutur JK.

Diketahui, Sejumlah bekas dan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 sudah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus suap pengguguran hak interpelasi. Mereka diduga menerima fulus yang diberikan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho untuk menghentikan hak istimewa milik dewan itu.

Kasus ini menyeret lima anggota DPRD Sumut periode lalu. Mereka sudah jadi tersangka.
(AZF)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /