Menkes Klaim Tak Bersalah Atas Kematian Dokter Andra

Amaluddin    •    16 November 2015 00:34 WIB
kesehatan
Menkes Klaim Tak Bersalah Atas Kematian Dokter Andra
Menkes saat menghadiri sebuah acara di Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengaku tak bersalah atas kematian dokter muda Dionisius Giri Samudra atau Andra di Kota Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Menteri Nila pun membantah lepas tangan terkait kejadian tersebut.

Menteri Nila mengatakan Kemenkes tak sembarangan menempatkan dokter melakukan praktik di daerah. Kemenkes juga selalu menempatkan dokter senior untuk mengawasi juniornya.

"Sebenarnya, apa yang dilakukan tim sudah sesuai aturan," kata Nila usai menjadi pembicara di Pusat Diagnostik RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (14/11/2015).

Nila mengaku tak mengetahui pasti penyebab kematian dokter Andra di pedalaman Aru, Maluku. Sebab, ia belum mendapat laporan tertulis mengenai kejadian itu.

"Katanya kena radang selaput otak," ujar Nila.

Beberapa hari lalu, dokter Andra meninggal saat bertugas di pedalaman Aru. Dokter Andra sempat menjalani perawatan di RSUD Cendrawasih Dobo karena mengalami demam tinggi. 

Ia seharusnya dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih memadai. Namun transportasi menjadi kendala sehingga akhirnya dokter Andra meninggal di Dobo.

Lantaran masalah itu, proses evakuasi jenazah dari Dobo pun harus melewati jalur laut selama kurang lebih enam jam menuju Kabupaten Tual. Kemudian jenazah dibawa melalui jalur udara menuju Ambon. Lalu, jenazah dibawa ke rumah orangtuanya di Jakarta untuk dimakamkan.


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /