Pimpinan DPR Kritik Langkah Sudirman Laporkan Pencatut Nama Jokowi

Githa Farahdina    •    16 November 2015 14:27 WIB
pencatut nama presiden
Pimpinan DPR Kritik Langkah Sudirman Laporkan Pencatut Nama Jokowi
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.--Foto: MI/Atet Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan pencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah justru mengkritik langkah Sudirman Said itu.

Fahri menilai tak selayaknya pejabat setingkat Menteri ESDM Sudirman Said menjadikan isu dan rumor sebagai konsumsi publik. Sudirman menuding anggota DPR meminta saham dengan imbalan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

"Fokus pada pekerjaannya. Dia sudah ajukan anggaran, rancang, tidak usah ke mana-mana. Mencatut itu gimana caranya? Dia tidak usah jadikan ini sebagai perkara. Apa dia mau diaggap sukses," tegas Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Fahri justru mempertanyakan bagaimana teknis catut-mencatut nama yang ditudingkan Sudirman. Tujuan pencatutan harus dijelaskan dengan tuntas.

"Kalau untuk saham, dia tahu tidak RUPS-nya Freeport di Amerika Serikat? Pemegang saham kalau ada yang aneh kan akan bertanya," terang Fahri.

Kedatangan Sudirman ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pun dipertanyakan. Apa yang ingin dibuka Sudirman. Apakah hanya obrolan para pihak yang akan diungkap?

"Lebih dari obrolan apa yang bisa dilakukan? Apalagi kalau obrolannya satu dua orang. Obrolan di belakang layar konsumsi publik," tambah politikus PKS ini.

Dia menduga, Sudirman hanya merasa diserang karena mau mempercepat perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Sementara ada pihak yang meminta perpanjangan diperlambat. Toh Presiden Jokowi  sudah menegaskan perpanjangan kontrak baru bisa dibicarakan 2019, dua tahun sebelum habis kontrak tahun 2021.


(MBM)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /