Peringatan '80 Tahun Rendra: Dalam Kenangan Sahabat'

Anindya Legia Putri    •    16 November 2015 15:30 WIB
kultur
Peringatan '80 Tahun Rendra: Dalam Kenangan Sahabat'
Peringatan 80 Tahun Rendra: Dalam Kenangan Sahabat

Metrotvnews.com, Jakarta: Guna mengenang dan membangkitkan kembali semangat perjuangan WS Rendra, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar acara 80 Tahun Rendra: dalam Kenangan Sahabat, Senin 16 November 2015.

Acara yang digelar di Auditorium Harun Nasution terdiri atas seminar nasional, pemutaran video pementasan Rendra, dan haul 80 tahun Rendra.

Turut hadir sejumlah narasumber yang menjadi sahabat Rendra semasa hidup, seperti Herry Dim (seniman, Bandung), Eep Saefulloh Fatah (pengamat politik, Jakarta), Prof. Dr. Faruk H.T. (dosen, UGM), Dr. Soetanto Soepiadhy, S.H., M.H. (Ahli Tata Negara, Surabaya).

Tak hanya menggelar seminar nasional, dalam acara yang digelar seharian penuh akan diputar video pementasan Rendra berjudul Kisah Suku Naga.

Pada puncak kegiatan ini akan diselenggarakan Haul 80 Tahun Rendra, yang diisi oleh Ken Zuraida (istri alm. WS Rendra), Putu Wijaya (sastrawan), Fachry Ali (pengamat politik), Sudarnoto (dosen UIN Jakarta), Irsyad Ridho (dosen UNJ), Indra Adil (Bogor, aktivis), Kurnia Fajar dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Dede Rosyada.

Acara ini sendiri sejak pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

"Seminar nasional akan menghadirkan para pembicara yang dekat dengan Rendra. Mulai dari kalangan seniman, budayawan, politikus, hingga akademisi. Rendra merupakan salah satu sastrawan Indonesia yang kerap masuk dalam nominasi Nobel Sastra, karena karya-karya panggung, naskah drama, esai, dan puisinya konsisten menunjukkan sikap melawan penyeragaman," ujar ketua panitia sekaligus pengajar di UIN Jakarta, Rosida Erowati.

Rendra tidak hanya terkenal sebagai seorang sastrawan. Puisi-puisinya membangkitkan semangat perjuangan dan pergerakan. Puisi-puisinya juga menjadi kritik keadaan sosial.

Hal itu membuat Rendra cukup berpengaruh di bidang sastra dan budaya, juga di bidang hukum, politik, dan ekonomi.


(ROS)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

28 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /