Ini Alasan ISIS Gunakan PlayStation 4 Sebagai Sarana Komunikasi

Riandanu Madi Utomo    •    16 November 2015 15:53 WIB
prancis diserang
Ini Alasan ISIS Gunakan PlayStation 4 Sebagai Sarana Komunikasi
Menteri dalam negeri Belgia, Jan Jambon (LAURIE DIEFFEMBACQ/AFP)

Metrotvnews.com: Kelompok ISIS diperkirakan menggunakan PlayStation 4 untuk berkoordinasi sebelum menyerang Paris, pekan lalu. Pertanyaannya, mengapa ISIS memilih PlayStation 4, padahal banyak aplikasi pesan lain ?

Dilansir oleh Politico.eu, Menteri Dalam Negeri Belgia, Jan Jambon, mengatakan, hal tersebut karena para agensi penyelidik di berbagai negara masih kesulitan dalam mengurai komunikasi yang terenkripsi di PlayStation 4.

"Sangat sulit memang mengurai komunikasi mereka (ISIS) ketika dilakukan melalui PlayStation 4. Bukan hanya Belgia, namun agensi penyelidik internasional pun masih kesulitan," ujar Jan Jambon tiga hari sebelum serangan teroris mematikan di Paris.

Meskipun masih belum jelas bentuk komunikasi apa yang dilakukan ISIS melalui konsol PlayStation 4, hal tersebut telah membuat masyarakat lebih khawatir karena para ekstremis tersebut menggunakan teknologi yang tidak diduga sebelumnya.

Penemuan ini juga membuat masyarakan mempertanyakan kemampuan agensi keamanan internasional yang seharusnya mampu mendeteksi rencana teroris melalui berbagai sarana komunikasi.

"Banyak orang yang menyangka bila tempat ibadah adalah tempat berkumpulnya para ekstremis. Hal tersebut adalah salah besar karena perekrutan justru lebih banyak dilakukan melalui internet," kata Jan Jambon.

PlayStation 4 memang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara teks atau suara melalui layanan PlayStation Network (PSN) ketika sedang memainkan game secara online. PSN saat ini setidaknya memiliki 110 juta pengguna, 65 juta diantaranya adalah pengguna aktif. Karena itu, melacak teroris di PSN jauh lebih kompleks karena bisa saja mereka menggunakan profil palsu dan log in dari komputer umum.




(ABE)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

30 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /