Kewirausahaan RI Masih Kalah Dibandingkan Malaysia, Jepang, hingga AS

Eko Nordiansyah    •    16 November 2015 16:06 WIB
wirausaha
Kewirausahaan RI Masih Kalah Dibandingkan Malaysia, Jepang, hingga AS
Illustrasi wirausaha Mandiri. MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menyebutkan, jumlah wirausaha Indonesia bahkan masih kalah dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia. Bahkan tertinggal jauh dari negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS).

"Kewirausahaan di Indonesia hanya 1,65 persen, idealnya di atas dua persen. Malaysia sudah mencapai tiga persen, Korea Selatan empat persen, Jepang 10 persen, AS 12 persen," kata Rohan di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2015).

Kementerian Koperasi dan UKM sendiri menargetkan penciptaan minimal 50 ribu wirausaha baru untuk mencapai target tersebut selama lima tahun ke depan. Sementara dalam kurun waktu 2015 hingga 2019 pemerintah mencanangkan target satu juta wirausaha baru.

Bank Mandiri kembali menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015 untuk mendorong wirausaha. Kompetisi tahunan ini menjadi ajang pencarian bibit-bibit wirausaha potensial untuk dikembangkan dan dibina agar dapat berkontribusi membangun Indonesia.

"Ajang ini juga dimaksud untuk menyebarkan virus kewirausahaan dan inovasi di antara para mahasiswa dan alumni sehingga semakin banyak tercipta wirausaha muda baru," jelas Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2007 kompetisi Wirausaha Muda Mandiri telah menghasilkan ratusan wirausahawan muda yang siap untuk berkembang menjadi pengusaha besar.


(SAW)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /