Tangsel Antisipasi Banjir Sejak Musim Kemarau

Lukman Diah Sari    •    16 November 2015 16:18 WIB
tangerang selatan
Tangsel Antisipasi Banjir Sejak Musim Kemarau
Sejumlah pengendara motor mencoba menerobos genangan air di Jalan Dewi Sartika, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (7/11/2015).ANT/Muhammad Iqbal

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah jauh-jauh hari mengantisipasi banjir selama musim hujan. Usaha menghalau genangan bahkan dilakukan sejak musim kemarau.

"Penangan pertama adalah penanganan pramusim hujan," kata Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel Judianto kepada Metrotvnews.com, Senin (16/11/2015).

Menurut Judianto, usaha pertama mencegah banjir dengan membersihkan saluran air, sungai, dan anak kali. Kemarau kemarin, cegah banjir dilakukan di sembilan titik, di antaranya di Kali Ciputat, anak Kali Angke, Kali Cisalak, dan anak Kali Cisadane.

Pemkot Tangsel pun membentuk tim antisipasi banjir. Mereka piket sepanjang hari. Tim juga dibekali peralatan untuk menghadapi situasi darurat.

"Kita juga siapkan mesin pompa penyedot air dan eskavator. Kalau nanti muncul genangan, tim-tim itu akan menginfokan dan bisa segera dilakukan skenario penanganan sementara," ujar Judianto.


(ICH)


Video /