Dukung Sektor Riil, Kadin Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Gervin Nathaniel Purba    •    16 November 2015 16:38 WIB
kadin
 Dukung Sektor Riil, Kadin Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi
Illustrasi sektor rill. (ANT,Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, kondisi makro ekonomi sangat bergantung pada sektor rill.

"Pada sektor riil inilah peran Kadin sebagai wadah para pelaku usaha akan sangat menentukan bagi pertumbuhan positif ekonomi kita," ujar Rosan saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Dirinya juga menjelaskan, sembilan tugas pokok Kadin yang tertuang dalam UU No. 1 Tahun 1987 tentang Kadin sebenarnya bermuara pada tujuan untuk mendukung perekonomian nasional yang stabil dan bertumbuh positif. Fundamental ekonomi nasional yang labil karena ketergantungan pada faktor eksternal harus mulai dipikirkan bersama oleh pemerintah bersama Kadin.

"Kami ingin mendorong agar sektor industri perlu dibangun untuk menjadi fondasi ekonomi nasional. Sebab kami yakin, bila sektor industri dalam negeri kokoh, maka ketergantungan pada faktor eksternal akan menurun yang berimbas pada stabilitas ekonomi kita," jelasnya.

Rosan juga menjelaskan fundamental ekonomi nasional terganggu karena menurunnya pendapatan dari sisi ekspor selain karena faktor global. Beban ini ditambah dengan posisi neraca perdagangan menjadi negatif akibat merosotnya pendapatan ekspor yang selama ini lebih didominasi oleh sektor komoditas seperti pertambangan.

"Kondisi tersebut berimbas pada menurunnya kepercayaan dan nilai tukar rupiah sempat tergerus," katanya.


(SAW)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

30 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /