DKI Anggarkan Rp3,2 Triliun Antisipasi Banjir

Wanda Indana    •    16 November 2015 17:20 WIB
banjir jakarta
DKI Anggarkan Rp3,2 Triliun Antisipasi Banjir
Banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur. (Foto: MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana Rp3,2 triliun untuk penanggulangan banjir tahun ini. Angka itu lebih kecil ketimbang tahun 2014 sebesar Rp5,5 triliun.
 
Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Tri Joko Sri Margianto mengatakan, anggaran itu digunakan untuk merevitalisasi dan pembangunan infrastruktur penanggulangan banjir.  "Kami anggarkan Rp3,2 triliun untuk banjir DKI tahun ini," kata Tri kepada Metrotvnews.com, Senin (16/11/2015).
 
Tri menjelaskan, ada tiga sistem aliran di Jakarta, yaitu aliran barat, tengah, dan timur. Aliran tengah sudah sesuai masterplan karena dilengkapi pompa pengendali banjir. “Jakarta Pusat lebih siap. Kita lihat Kali Cideng, tadi pagi ada banjir kiriman tapi langsung surut 1,5 meter," katanya.
 
Ia mengungkapkan, di aliran tengah pihaknya membangun Pompa Siantar, Pompa Waduk Melati, dan Pompa Waduk Pluit. Pompa itu mampu bekerja maksimal hingga air dapat dikontrol dengan baik.
 
Sementara itu aliran barat dan timur masih proses normalisasi. Pengerukan dan pelebaran sungai masih terkendala pembebasan lahan. Akibatnya permukiman terendam banjir karena air kiriman dari Bogor, Senin (16/11/2015) dini hari.


(FZN)


Video /