Tips Menjalani Hidup Aktif, Bugar, dan Sehat

Rosa Anggreati    •    16 November 2015 19:02 WIB
kesehatan
Tips Menjalani  Hidup Aktif, Bugar, dan Sehat
Sangat penting menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi selama berolahraga

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalani pola hidup sehat sangat penting dilakukan setiap hari. Bahkan, Anda dianjurkan menganut pola hidup sehat agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

WHO (World Health Organization) mendefinisikan hidup sehat sebagai kondisi seseorang yang tidak menderita suatu penyakit fisik atau psikis, dan masih tetap produktif bekerja.

Dengan semakin banyaknya penderita penyakit tidak menular (degeneratif) seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker, stres, dan penyakit tidak menular lain yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat, maka untuk menghindarinya kita perlu menganut pola hidup sehat.

Seperti apa pola hidup sehat itu? Anda harus mengonsumsi makanan sehat, yakni mengandung serat dan vitamin. Penting juga untuk menghindari narkoba, tidak melakukan hubungan seks bebas, dan mengendalikan stres.

Yang tak kalah penting adalah rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Ketika berolahraga, Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi.

Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh. Hidrasi menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. Berkebalikan dengan hidrasi, dehidrasi berarti kurangnya cairan di dalam tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih besar daripada jumlah yang masuk.

Tubuh memerlukan cairan lebih banyak ketika sedang berolahraga atau melakukan latihan fisik. Sebab, tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan.

Anda disarankan mengonsumsi minuman isotonik bukan hanya air putih biasa, karena air putih tidak cukup menggantikan cairan tubuh yang hilang dan menurunkan suhu tubuh tinggi.

Jika Anda hanya minum air putih, dikhawatirkan terjadi hiponatremia akibat kadar natrium dalam darah terencerkan oleh asupan air yang banyak.

Efeknya, tubuh berusaha menormalkan keseimbangan cairan dengan cara membuang cairan tersebut melalui urin. Kondisi ini malah membuat tubuh dehidrasi.

Sebaliknya, bila Anda minum minuman isotonik, maka manfaat yang diperoleh tubuh berlipat ganda. Minuman isotonik tak cuma meredakan haus, namun juga memenuhi kebutuhan akan ion sehingga membuat tubuh bugar dan sehat.




(ROS)


Video /