KPK Siap Garap Petral Bila Ada Indikasi Korupsi

Yogi Bayu Aji    •    17 November 2015 08:39 WIB
petral
KPK Siap Garap Petral Bila Ada Indikasi Korupsi
Ilustrasi--MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu pelaporan audit forensik terhadap PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dari pemerintah. Lembaga antikorupsi akan siap menggarapnya bila ada temuan tindak pidana korupsi dalam audit tersebut.

"KPK siap saja untuk menindaklanjuti sepanjang memang ada indikasi korupsinya," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji kepada Metrotvnews.com, Senin (17/11/2015) malam.

Sementara, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menambahkan, audit terhadap Petral nantinya akan dipelajari terlebih dahulu bila memang dilaporkan. Pasalnya, lembaga antikorupsi memang selalu berhati-hati menangani tiap perkara.

"Menelaah kasus bisa lama, kami tidak punya SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan). Kita butuh waktu," ungkap Adnan kepada wartawan.

Perkara ini bermula dari pemerintah yang meminta direksi PT Pertamina (Persero) mendalami dan menyelesaikan audit forensik terhadap PT Petral. Proses itu untuk mencari tahu penyebab biaya tinggi (high cost) yang memicu terjadinya intransparansi, ketidakoptimalan dalam menjalankan perusahaan.

Audit forensik terhadap Petral meliputi keuangan periode 2012-2015. Proses itu dilaksanakan auditor independen, KordaMentha, di bawah supervisi Satuan Pengawas Internal Pertamina.

Terdapat tiga kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan terhadap Petral, yakni, kajian mendalam (due dilligence) terhadap aspek keuangan dan pajak yang dilakukan EY serta legal oleh HSF  dan wind-down process berupa inovasi kontrak, settlement utang piutang dan pemindahan aset kepada Pertamina.

Beberapa temuan auditor tersebut antara lain ketidakefisienan rantai suplai berupa mahalnya harga crude dan produk yang dipengaruhi kebijakan Petral dalam proses pengadaan, pengaturan tender MOGAS, kelemahan pengendalian HPS, kebocoran informasi tender, dan pengaruh pihak eksternal.


(YDH)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /