Teras Kapal BRI Edukasi Warga Kepulauan

   •    17 November 2015 11:48 WIB
bri
Teras Kapal BRI Edukasi Warga Kepulauan
Ilustrasi Teras BRI (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Manado: Teras Kapal Bank Rakyat Indonesia (BRI) selain memiliki fungsi untuk melakukan transaksi ternyata juga memiliki fungsi lain yakni memberi edukasi kepada masyarakat di kepulauan tentang layanan perbankan.

"Dengan hadirnya nanti teras kapal BRI di Kawasan Timur Indonesia, diharapkan masyarakat di kepulauan terluar bisa mendapatkan edukasi lebih lengkap mengenai perbankan," kata Pemimpin Wilayah BRI Manado Yoshua Palti Hutapea, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Selasa (17/11/2015).

Selama ini, jelasnya, warga yang berada di perbatasan masih minim akan pengetahuan tentang perbankan, karena terbatasnya kantor layanan di daerah tersebut. "Kami berharap dengan hadirnya teras kapal BRI di wilayah kerja Manado nantinya akan menjangkau masyarakat kepulauan terluar sekalipun," jelas Yoshua.

BRI menargetkan teras kapal BRI akan hadir di wilayah Sulawesi Utara pada 2016 dan akan fokus melayani masyarakat perbatasan dan pulau-pulau terdepan. "Teras kapal BRI ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan yang selama ini belum dapat menikmati layanan perbankan," tuturnya.

Yoshua mengatakan rencananya di wilayah Indonesia bagian timur akan mendapatkan dua unit teras kapal yakni di Sulawesi Utara dan Papua. "Dengan hadirnya teras kapal BRI, diharapkan akan mampu menjangkau masyarakat hingga pelosok desa yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan yang ada di darat," pungkasnya. 

Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan, yang mengakibatkan mereka tidak terjangkau layanan perbankan atau bahkan ada yang belum mengenal produk perbankan.


(ABD)


Video /