Begini Alur Pengiriman Surat Suara di Tangsel

Arga sumantri    •    17 November 2015 12:38 WIB
tangerang selatan
Begini Alur Pengiriman Surat Suara di Tangsel
Ilustrasi lipat surat suara. (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Tangerang: Surat suara pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan pekan ini. Jumlah surat suara yang dikirim sebanyak 938.246, lebih banyak 2 persen dari total daftar pemilih tetap 914.312.
 
"Informasinya hari Kamis besok akan dikirim ke kita. Kemungkinan Sabtu baru sampai atau paling telat Minggu," kata Koordinator Bidang Logistik KPU Tangsel Sam'ani kepada Metrotvnews.com di Kantor KPU Tangsel, BSD, Tangsel, Banten, Selasa (17/11/2015).
 
Setelah tiba di KPU Tangsel, surat suara itu dikirim ke gudang logistik Pilkada Tangsel di GOR Pondok Aren. "Kita siapkan dulu pemberkasan pelipatan, kemungkinan Senin 23 November baru mulai kita sortir pelipatan," ujarnya.
 
Surat suara bakal akan dilipat 200 orang dengan pengawasan ketat petugas penyelenggara Pilkada dan kepolisian. "Panwaslu, kepolisian itu terlibat mengawasi proses pelipatan," kata Sam'ani.
 
Surat suara pengganti juga disiapkan guna mengantisipasi kemungkinan adanya surat suara yang rusak. Kalau nantinya jumlah surat suaranya lebih dari kuota, KPU Tangsel bakal melakukan pemusnahan dengan disaksikan Panwas dan kepolisian.
 
Setelah siap, surat suara rencananya mulai didistribusikan ke tempat pemungutan suara atau TPS, awal Desember nanti. Ada sekitar 2.245 TPS yang sudah disiapkan guna pencoblosan 9 Desember mendatang.


(FZN)


Video /