BPR di Bali Ikut Biayai Ekonomi Pedesaan

   •    17 November 2015 13:01 WIB
perbankan
BPR di Bali Ikut Biayai Ekonomi Pedesaan
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Denpasar: Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Bali menunjukkan pertumbuhan positif terutama dalam membiayai perekonomian di daerah pedesaan yang belum tersentuh oleh bank umum.

"Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan kredit BPR di periode kuartal II-2015 yang mencapai 18,77 persen (yoy), dari kuartal sebelumnya 17,11 persen," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Dewi Setyowati, seperti dikutip dari Antara, di Denpasar, Selasa (17/11/2015).

Pinjaman yang diberikan usaha BPR di daerah ini secara kumulatif mencapai Rp7,74 triliun atau jauh lebih besar dari jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun dalam periode yang sama hanya mencapai Rp6,24 triliun.

Dewi menjelaskan kredit BPR yang tersalurkan dalam membiayai pembangunan ekonomi di daerah pedesaan itu dipusatkan pada modal kerja dengan porsi penyaluran mencapai 51 persen diikuti kredit investasi 12 persen. Sedangkan pinjaman konsumsi mencapai 37 persen. 

"Besar porsi pinjaman kepada sektor produktif menunjukkan bahwa BPR berusaha menjaga kualitas kreditnya melalui kinerja usaha debiturnya dalam memajukan usahanya," jelasnya.

Peran BPR tersebut, lanjut dia, mengindikasikan bahwa bank yang bertebaran di daerah sangat berperan dalam pembiayaan ekonomi di daerah pedesaan yang belum tersentuh oleh bank umum yang ada.

"Tingginya pertumbuhan kredit BPR di Bali mampu meningkatkan LDR dari 80,11 persen pada kuartal I-2015 menjadi 81,67 persen pada kuartal II-2015, dan kondisi itu pula mampu meningkatkan kualitas kredit," pungkasnya. 


(ABD)


Video /