Play-off Piala Eropa 2016

Preview Denmark vs Swedia: Gol Tandang yang Bisa Jadi 'Neraka' Swedia

Achmad Firdaus    •    17 November 2015 16:30 WIB
piala eropa 2016
<i>Preview</i> Denmark vs Swedia: Gol Tandang yang Bisa Jadi 'Neraka' Swedia
Ekspresi kekecewaan Zlatan Ibrahimovic usai gagal membobol gawang Denmark (Foto: AFP PHOTO /JONATHAN NACKSTRAND)

Metrotvnews.com, Jakarta: Denmark dan Swedia akan melakoni duel hidup mati di Telia Parken, Copenhagen, Rabu 18 November dini hari nanti WIB. Salah satu mereka dipastikan bakal lolos ke putaran utama Piala Eropa 2016 di Prancis.

Menilik hasil pertemuan pertama di Solna, Sabtu lalu, Swedia tentunya lebih diuntungkan karena menang 2-1. Gol Emil Forsberg dan penalti Zlatan Ibrahimovic hanya mampu dibalas satu gol Nicolai Jorensen. (BACA: Penalti Ibrahimovic Bantu Swedia Tumbangkan Denmark)

Akan tetapi, pada leg kedua babak play-off nanti akan dilangsungkan di kandang Denmark. Tim Dinamit tentunya bakal mendapat dukungan penuh dari pendukungnya. Motivasi para pemain pun pastinya berlipat.

Apalagi, mereka memiliki tabungan gol tandang. Itu berarti, Denmark cukup menang 1-0 untuk memastikan diri lolos ke Prancis. Gol tandang ini berpotensi jadi 'neraka' buat Swedia.

Pelatih Morten Olsen pun cukup optimistis timnya mampu membalikkan keadaan dan lolos ke Prancis. Pelatih 66 tahun ini tentunya ingin mengakhiri 16 tahun pengabdiannya dengan manis.

Perlu diketahui, usai gelaran Piala Eropa 2016, Olsen memutuskan untuk mengundurkan diri. Selama dua windu menjadi nakhoda, Olsen sukses membawa Denmark tampil di dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa. Membawa Denmark lolos ke Piala Eropa 2016, tentu jadi kado terakhir yang manis dari Olsen, apalagi bisa membuat kejutan besar seperti pada 1992 (juara Eropa).

"Kami harus yakin. Saya rasa, kami punya pemain-pemain yang bisa menentukan hasil laga di Copenhagen. Ini akan jadi pertandingan yang berbeda dari yang terjadi di Swedia," ujar Olsen.

"Senang rasaya kami mendapat kesempatan untuk menentukan nasib di kandang. Selama menjadi pelatih timnas, kami empat kali memastikan diri lolos ke turnamen besar, dan tiga di antaranya kami lakukan di kandang. Untuk melakukan itu lagi di hadapan pendukung sendiri, tentu menjadi sesuatu yang spesial," tegasnya.

Denmark yang maju ke babak play-off usai finis di belakang Portugal dan Albania di babak kualifikasi, punya rekor yang cukup baik saat tampil di kandang. Dari lima laga yang dijalani, Nicklas Bendtner dan kawan-kawan sukses meraih dua kemenangan, dan hanya sekali kalah di kandang.

Untuk laga nanti, Olsen siap menurunkan seluruh pemain terbaiknya. Nicklas Bendtner dan Christian Eriksen sepertinya akan kembali jadi andalan Olsen di lini serang.

Di kubu lawan, Swedia punya rekor cukup baik saat bermain tandang. Dari lima laga yang mereka mainkan, Swedia yang mengakhiri babak kualifikasi di bawah Austria dan Rusia, mencatatkan dua kemenangan dan hanya sekali kalah di kandang lawan. 

Namun, laga melawan Denmark membangkitkan kenangan buruk bagi Swedia. Pada Oktober 2009, Swedia dipaksa takluk 0-1 dari Denmark di babak kualifikasi yang membuat mereka gagal tampil di Piala Dunia 2010, Afrika Selatan.

Pelatih Swedia Erik Hamren menyambut laga nanti dengan perasaan was-was. Ia cemas para pemainnya tampil dengan kondisi yang tidak 100 persen fit, lantaran jadwal yang mepet.

"Saya rasa, cukup menyulitkan bahwa hanya ada sedikit waktu untuk recovery dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Kami berharap beberapa pemain bisa kembali ke kondisi terbaiknya," ujar Hamren.

"Nasib ada di tangan kami dan kami harus menuntaskan tugas ini di Denmark," lanjutnya.

Berbeda dengan Denmark, Swedia bakal tampil tanpa bek andalannya, Mikael Antonsson yang mengalami cedera paha pada laga Sabtu lalu. Posisinya kemungkinan bakal diisi Alexander Milosevic.

Sementara di lini depan, Zlatan Ibrahimovic akan kembali jadi andalan untuk membantu timnya lolos ke Piala Eropa untuk kali keenam. Ibra juga tentunya tidak ingin kenangan pahit disingkirkan Portugal di babak play-off Piala Dunia 2014, kembali dialaminya di pentas Euro. Apalagi, ini kemungkinan jadi turnamen besar terakhir untuk Ibra yang kini sudah berusia 34 tahun. Saksikan siaran langsung pertandingannya di GlobalTV mulai pukul 02:45 WIB dini hari nanti.

Prediksi Metrotvnews.com: Denmark 50-50 Swedia

Perkiraan Susunan Pemain:
Denmark: Schmeichel, Kjær, Agger, Durmisi, Jacobsen, Kvist, Eriksen, Kahlenberg, Braithwaite, Bendtner, Fischer.
Swedia: Isaksson, Lustig, Milosevic, Granqvist, M. Olsson, Forsberg, Lewicki, Källström, Durmaz, Ibrahimović, Berg. 

Head to head:
(06/16/2009) Kualifikasi Piala Dunia: Swedia 0-1 Denmark
(10/10/2009) Kualifikasi Piala Dunia 2010: Denmark 1-0 Swedia
(11/11/2011) Uji coba: Denmark 2-0 Swedia
(28/05/2014) Uji coba: Denmark 1-0 Swedia
(14/11/2015) Play-off Piala Eropa: Swedia 2-1 Denmark



(ACF)


Video /