2014, KM Wihan Ditolak Beroperasi di Pelabuhan Merak

Batur Parisi    •    17 November 2015 23:03 WIB
kapal tenggelam
2014, KM Wihan Ditolak Beroperasi di Pelabuhan Merak
Penumpang bergelantungan di dinding kapal KM Wihan Sejahtera untuk menyelamatkan diri saat kapal akan tenggelam di Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/11). Foto: Antara/Polair Polda Jatim

Metrotvnews.com, Merak: Kapal Motor Wihan Sejahtera yang tenggelam di Teluk Langon, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 16 November, ternyata pernah ditolak beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada 2014.

"Kondisi kapal itu tidak sesuai spesifikasi kapal penyeberangan. Jadi, izin operasionalnya tidak terbit dari Kementerian Perhubungan," kata General Manager ASDP Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/11/2015).

Bahkan, kata Yanus, KM Wihan sudah melakukan uji sandar di tiga pelabuhan untuk mendapatkan izin operasional. Yunus enggan merinci apa yang membuat KM Wihan tak mendapatkan izin operasional. "Saya tak ingat, yang pasti izin operasionalnya tidak keluar," ujar dia.

Informasi yang dihimpun di lapangan, KM Wihan sempat tiga bulan di Pelabuhan Merak untuk menunggu izin operasional keluar. Namun, tetap tak mendapatkan izin. Banyak yang berpendapat izin mandek karena KM Wihan hanya memiliki mesin tunggal. Sedangkan kapal-kapal di Pelabuhan Merak beroperasi dengan mesin ganda.

KM Wihan Sejahtera tenggelam di Teluk Lamong pukul 09.00 WIB, Senin 16 November. Kapal ini berangkat dari Dermaga Jamrud, Tanjung Perak, dengan tujuan NusaTenggara Timur (NTT). Kapal rencananya akan transit di Ende sebelum akhirnya berlabuh di Maumere. Namun, sekitar pukul 09.30 kapal mengalami masalah dan posisi miring sekitar 30 derajat. Tak lama kemudian seluruh badan kapal tenggelam.

Diduga kapal kelebihan muatan. KM Wihan Sejahtera memiliki bobot 140 GT dengan kode 9.786. Sebagian korban telah dibawa ke RS PHC Surabaya.



(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /