Mendag Australia Naiki Andong Keliling Jalan Malioboro

Patricia Vicka    •    18 November 2015 00:00 WIB
keraton yogyakarta
Mendag Australia Naiki Andong Keliling Jalan Malioboro
Menteri Perdagangan Australia berkemeja putih menaiki andong berkeliling Jalan Malioboro, MTVN - Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Turis asing menaiki transportasi berkuda di Jalan Malioboro, Yogyakarta, sudah biasa. Tapi ada yang berbeda pada Selasa siang 17 November. Sebab seorang pejabat negara Australia menggunakan kendaraan itu berkeliling Jalan Malioboro.

Wajah Menteri Perdagangan dan Investasi Australia, Andrew Robb, sumringah saat duduk di samping Pak Kusir. Sang Menteri mengenakan kemeja putih dan celana hitam. 

Ia menaiki andong mulai dari Kantor Gubernur menuju Hotel Garuda Inn. Belum cukup, ia kembali menggunakan andong yang sama untuk mengantarnya kembali ke Kantor Gubernur.

"Saya senang sekali bisa naik andong," kata Andrew yang naik andong bersama dua ajudannya.

Andrew mengaku ia memang senang dengan kuda. Di rumahnya pun, di Negeri Kanguru, Andrew memelihara 10 ekor kuda.

Aksi Andrew menumpang andong itu adalah kali pertama. Sebab, ini kali pertama ia mendatangi Yogyakarta. Ia pun memuji keramahan warga Yogyakarta.

"Orang Yogyakarta ramah-ramah. Suasananya juga nyaman," kata Andrew.

Kedatangan Andrew ke Yogyakarta untuk meningkatkan kerjasama antara Australia dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Khususnya kerja sama di bidang teknologi informasi.

Australia, kata Andrew, menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan Yogyakarta di sektor pendidikan dan pariwisata. Lantaran itu, Andrew memandang perlu mengembangkan jalinan kerja sama itu.

Gubernur sekaligus Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik tawaran itu. Sultan pun mengatakan jalinan itu berkembang ke pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, dan kreativitas.


(RRN)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /