Desak Sudirman Serahkan Rekaman, MKD Enggan Dinilai Fitnah

M Rodhi Aulia    •    18 November 2015 08:24 WIB
pencatut nama presiden
Desak Sudirman Serahkan Rekaman, MKD Enggan Dinilai Fitnah
Junimart Girsang----Ant/Ismar Patrizki

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sudah melaporkan dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. MKD kini meminta Sudirman buat segera melengkapi bukti.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Junimart Girsang menyebut, bukti tersebut dibutuhkan buat menilai ada tidaknya pelanggaran etik yang dilakukan Setya. Pelengkapan bukti itu untuk menghindari fitnah.

"Kalau hanya transkrip, kita akan sulit," kata Junimart dalam Dialog Bincang Pagi Metro TV, Rabu (18/11/2015).

Junimart mengatakan, MKD tidak akan mudah percaya dengan transkrip pembicaraan yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto dalam hal pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Bahkan, jika Sudirman melengkapi transkrip itu rekaman, MKD pun bakal memanggil ahli buat meneliti keaslian suara yang bersangkutan.

"Kita harus konfirmasi transkrip dan rekaman. Kalau tidak, nanti malah akan timbul fitnah," ujar Junimart.

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, Sudirman Said sudah berjanji menyerahkan rekaman tersebut dalam waktu secepat mungkin. Namun jika Sudirman tidak juga menepati janji tersebut hingga batas waktu yang diberikan, MKD akan mengabaikan aduan Sudirman. Sebab, aduan itu dinilai tidak memiliki bukti permulaan yang cukup.

Setya Novanto dituding terlibat main mata dengan PT Freeport Indonesia. Novanto dituding menjanjikan kesanggupan memberi jalan agar kontrak Freeport dapat diperpanjang dengan mencatut dua nama petinggi negeri. Sebagai imbalannya, Novanto disebut meminta saham dari Freeport. Tindakan itu diadukan Sudirman Said ke MKD. Sudirman pun mengakui, yang dia adukan adalah Setya Novanto.


(TII)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

20 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /