Fadli Zon Tahu Bos Freeport Minta Ketemu Novanto

Githa Farahdina    •    18 November 2015 11:25 WIB
pencatut nama presiden
Fadli Zon Tahu Bos Freeport Minta Ketemu Novanto
Fadli Zon dan Setya Novanto. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR Setya Novanto mengakui bertemu bos PT Freeport Indonesia (PT FI) Maroef Sjamsoeddin. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengetahui penggagas pertemuan itu dari pihak PT FI.

"Yang saya tahu, kedatangan dan keinginan (bertemu) datang dari Freeport," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Dalam pertemuan Novanto dengan Maroef hadir pengusaha Reza Chalid. Menurut Fadli, Maroef meminta bantuan Novanto memuluskan perpanjangan kontrak PT FI. Sementara, keberadaan perusahaan asal Amerika Serikat itu di Papua, tidak menguntungkan Indonesia.

Pemerintah Indonesia hanya punya sembilan persen saham di perusahaan tersebut. "Ini bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 33 ayat 3," ujar Fadli.

(Klik: Kronologis Pertemuan Novanto dan Bos Freeport)

Fadli menampik dirinya marah dengan Menteri ESDM Sudirman Said karena melaporkan Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Yang Fadli sesalkan, Sudirman mengizinkan PT FI mengekspor hasil tambang tanpa membangun smelter di Indonesia.

Karena itu, menurut Fadli, Sudirman sudah melanggar Undang-Undang Minerba. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu yakin kebijakan Sudirman tersebut merugikan negara. "Seharusnya sudah bisa diperiksa KPK," ujarnya.

Kontrak karya PT FI di Papua akan berakhir pada 2021. Pemerintah akan memutuskan kelanjutan kontrak karya PT FI pada 2019. Sementara PT FI ingin kontrak karya diperpanjang hingga 2041 dan diputuskan segera.

Pemerintah juga ingin mendapat saham lebih besar dari Freeport. Beberapa waktu lalu, Sudirman Said mengatakan Freeport akan melepas saham mereka sebesar 10,64 persen ke BUMN RI.


(TRK)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

1 day Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /