Tak Ingin Gegabah, Pertamina Juga Cek Mitra yang Disebutkan Surat SN

Annisa ayu artanti    •    18 November 2015 16:54 WIB
geger surat setya novanto
Tak Ingin Gegabah, Pertamina Juga Cek Mitra yang Disebutkan Surat SN
Lambang Pertamina di belakang sebuah mobil pengangkut BBM. ANTARA FOTOWidodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) tidak ingin gegabah dalam menelusuri surat dari Pimpinan DPR Setya Novanto. Perusahaan migas BUMN ini pun akan mengecek kerja sama dengan mitra yang disebutkan pada surat tersebut.

Vice President Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, untuk proses bisnis dengan PT Orbit Terminal Merak (OTB) mengacu pada Good Corporate Governance (GCG) alias tata kelola perusahaan yang baik.

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut atas mitra yang disebutkan dalam surat dari Setya Novanto, Wianda mengungkapkan akan melakukan verifikasi terkait kontrak tersebut.

"Satu sisi untuk mitra yang disebutkan pada surat tersebut, kita juga harus melakukan verifikasi, pengecekan secara mendalam dan seksama, termasuk kita juga sampai saat ini telah melibatkan satuan pengawas internal. Termasuk juga BPKP dan juga tentunya melibatkan tim legal Pertamina," kata Wianda, saat ditemui di Kantor Pertamina Pusat, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Menurutnya, Pertamina tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan. Setelah itu, lanjut Wianda, barulah pihaknya akan menindaklanjuti proses selanjutnya.

"Tentunya Pertamina tidak ingin gegabah mengambil keputusan, kita harus benar-benar yakin bahwa kalau pun ada keputusan dan proses yang akan ditindak lanjuti semua harus berdasarkan prinsip GCG," ucap dia.

Saat ini, tambah Wianda, proses bisnis Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Merak ada dua yakni TBBM yang dikelola Pertamina dan TBBM yang disewa dari PT OTM. Namun, Wianda menegaskan, apapun hubungan bisnis yang terjalin, Pertamina harus mengecek dan memverifikasi ulang.

"Jadi kalau proses bisnis kita ada dua terminal ya ada. Satu TBBM Merak yang dikelola Pertamina sediri. Kemudian satu lagi terminal BBM yang kemudian disebutkan ada nama perusahaan tersebut . Tapi tentunya apapun hubungan bisnis yang ada, kita tidak bisa secara gegabah mengambil keputusan jadi sekarang sedang kita lakukan proses pengecekan. Kalau juga kemudian diperlukan proses negosiasi harus dilakukan, agar semua itu bisa jelas dan sesuai dengan tata kelola perusahaan," jelas dia.


(SAW)


Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid
Real Madrid

Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid

1 hour Ago

Pemain berjuluk CR7 itu berencana memikirkan masa depannya yang kemungkinan tak lama di Madrid.…

BERITA LAINNYA
Video /