Prince Ali Dukung Rusia dan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

Kautsar Halim    •    19 November 2015 07:59 WIB
piala duniafifa
Prince Ali Dukung Rusia dan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia
Prince Ali bin al-hussein. (AP Photo/Raad Adayleh, file)

Metrotvnewscom: Prince Ali Bin al-Hussein menyampaikan salah satu visinya apabila terpilih sebagai presiden FIFA. Ia mengaku, bakal mendukung Rusia dan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia dalam dua periode mendatang.

Rusia dan Qatar masih menjadi perdebatan hangat para anggota FIFA karena penunjukkan mereka sebagai tuan rumah dikabarkan terlibat kasus suap dan berbagai pelanggaran hak asasi manusia. Rusia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, sedangkan Qatar tuan rumah 2022.

Meski begitu, Ali tidak akan menutup mata apabila pelanggaran itu benar-benar dilakukan oleh negara yang bersangkutan. Ia menegaskan, Rusia dan Qatar harus bisa menjamin terlebih dahulu bahwa tidak terlibat pelanggaran tersebut.

"Setelah saya perhatikan, saya bakal menerima dan mendukung Piala Dunia di Rusia dan Qatar. Tapi tetap banyak langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pelaksanaannya. Saya pikir setiap negara di dunia memang memiliki hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia," ujar Ali.

"Kuncinya hanya itu, kami harus tetap menjamin isu-isu besar seperti hak asasi manusi dan undang-undang ketenagakerjaan harus tetap dilakukan. Jika negara yang bersangkutan ingin menjadi tuan rumah, maka FIFA perlu kepastian bahwa langkah itu tetap dilakukan," tambahnya.

Ali merupakan salah satu dari lima kandidat yang ingin menggantikan jabatan presiden FIFA sebelumnya, Sepp Blatter. Ia bersama Jerome Champagne, Gianni Infantino, Sheikh Salman dan Tokyo Sexwale bakal melakukan pemilihan umum pada Februari 2016 mendatang. (sportmole)


(KAU)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

34 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /