Rupiah Lebih Kuat Tahan Gejolak Eksternal

Ade Hapsari Lestarini    •    19 November 2015 10:48 WIB
kurs rupiah
Rupiah Lebih Kuat Tahan Gejolak Eksternal
Ilustrasi. (FOTO: MI/ATET DWI PERMATA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah hari ini didominasi imbas berita The Federal Reserve yang kemungkinan akan menaikkan suku bunganya pada Desember besok.

Adapun sentimen kenaikan Fed Fund Rate (FFR) target yang meningkat di pasar global masih menekan mayoritas kurs di Asia hingga perdagangan Rabu sore. Bahkan, rupiah sempat melanjutkan pelemahannya hingga Rp13.800 per USD sejalan dengan IHSG yang melemah tipis.

"Kemungkinan kenaikan FFR target yang meninggi, potensi pelemahan rupiah hingga menjelang FOMC meeting di akhir tahun terbuka lebar, walaupun ada peluang rupiah yang lebih kuat menahan gejolak eksternal melihat pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang sudah membaik," demikian disampaikan analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam risetnya, Kamis (19/11/2015).

Selain itu, pergerakan rupiah juga menunggu paket kebijakan ekonomi jilid VII, di mana kebijakan tersebut diperkirakan menyasar penyesuaian pajak penghasilan.

"Menyusul rilis notulensi FOMC meeting semalam tekanan penguatan dolar di pasar keuangan negara berkembang diperkirakan bertahan walaupun adanya data AS yang diumumkan memburuk berpeluang mengurangi kekuatan tekanannya," pungkasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

9 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /