Meski tak Kasih Izin, Dishub DIY Tidak Bisa Melarang Go-Jek

Patricia Vicka    •    19 November 2015 11:33 WIB
gojek
Meski tak Kasih Izin, Dishub DIY Tidak Bisa Melarang Go-Jek
Go-Jek. (AFP/Adek Berry)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Go-jek Indonesia resmi beroperasi di Yogyakarta. Namun transportasi roda dua ini tak mengantongi izin dari pemerintah.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY Sigit Haryanta mengatakan pihaknya tak bisa memberikan izin kepada Go-Jek. Sebab, tak ada payung hukum yang membawahinya.

"Kami tidak bisa memberikan izin pada Go-Jek karena tidak ada peraturan yang mengaturnya. Ojek itu tidak masuk dalam jenis angkutan umum," tutur Sigit di DPRD DIY, Kamis (19/11/2015).

Namun, walau tak memiliki izin, pihaknya tak melarang keberadaan Go-jek. Sebab, Go-jek memberikan kenyamanan dan kepastian pada masyarakat.

"Go-jek boleh (beroperasi). Karena punya pelayanan. Orang sekarang butuh kepastian saat menggunakan kendaraan umum," katanya.

Kehadiran Go-jek seharusnya menjadi pemecut sarana transportasi lainnya untuk berbenah diri. Sekaligus momentum untuk mengingkatkan pelayanan dan kenyamanan pelanggan.

"Jadikan Go-jek pemicu angkutan lainnya untuk berbenah diri teruma dalam hal harga dan pelayanan. Saya berharap angkutan umum memberikan pelayanan yang baik supaya bisa jadi kompetitior yang sehat bagi Go-jek," tegasnya.

Ia yakin Go-jek tidak akan menggeser pengguna kendaraan umum lainnya karena setiap jenis kendaraan umum memiliki kelas dan jenis pasar sendiri.

Masyarakat juga diminta lebih bijak dan cermat saat memilih kendaraan. Pasalnya, Go-jek belum memiliki kepastian asuransi bagi penumpangnya.

"Go-jek memang dibutuhkan masyarakat tapi ojek secara legal itu kendaraan informal. Kalau ada kecelakaan bagaimana? Saya berharap agar masyarakat lebih peka memilih angkutan umum terutama yang sudah resmi," pungkasnya.


(SAN)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /