Aset Asuransi Konvensional Tumbuh 1,36%

Angga Bratadharma    •    19 November 2015 11:53 WIB
asuransi
Aset Asuransi Konvensional Tumbuh 1,36%
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan pertumbuhan aset dan industri asuransi konvensional sepanjang 2011 hingga 2015 sebesar Rp765 triliun. Sedangkan untuk investasi tercatat sebesar 608 triliun.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan IKNB OJK Firdaus Djaelani mengatakan sampai akhir September 2015, porsi aset tumbuh 1,36 persen. Namun hal sebaliknya terjadi pada investasi yang mengalami penurunan sebesar 0,24 persen.

Banyak pihak yang memperkirakan pertumbuhan porsi aset dan penurunan investasi asuransi disebabkan pengaruh dari menguatnya mata uang dolar AS (USD) terhadap Rupiah. Namun bagi Firdaus, menguatnya USD sebenarnya tidak memiliki pengaruh bagi industri asuransi.

"Sebetulnya tidak pengaruh buat aset dan investasi di asuransi. Kewajiban dalam USD di asuransi sekitar 20 persen. itu pun sudah cocok," ujar Firdaus, dalam paparannya di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2015).

Di sisi lain, Firdaus juga menginginkan agar penetrasi asuransi mengalami peningkatan kedepannya. Sebab selama ini penetrasi asuransi di Indonesia terus berada di posisi dua persen.

"Masa dari dulu penetrasi asuransi kita dua persen terus. Kita terjebak dari angka dua persen. Kapan kita bisa tiga atau 15 persen," tegasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

23 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /