Belasan Penumpang KM Wihan Dipulangkan dengan Pesawat

Antara    •    19 November 2015 12:00 WIB
kapal tenggelam
Belasan Penumpang KM Wihan Dipulangkan dengan Pesawat
Penumpang bergelantungan di dinding kapal KM Wihan Sejahtera untuk menyelamatkan diri saat kapal akan tenggelam di Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/11). (Ant/Polair Polda Jatim)

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 17 penumpang kapal KM Wihan Sejahtera yang tenggelam di perairan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur dipulangkan menggunakan pesawat terbang ke daerah asalnya.

Kapolres Tanjung Perak AKBP Arnapi di Surabaya, merinci delapan penumpang dipulangkan ke Ende, lima orang ke Maumere, dan empat orang ke Labuan Bajo. Dengan pemulangan 17 penumpang, berarti tinggal 80 orang yang masih di Surabaya.

"Perusahaan juga telah memberikan uang sebesar Rp2,5 juta bagi sisa penumpang yang ada, sehingga mereka memilih sendiri, mau melanjutkan pulang atau kegiatan lainnya," katanya di Surabaya, Kamis (19/11/2015).

Ia menjelaskan uang itu bukanlah asuransi atau ganti rugi kecelakaan. Melainkan uang tali asih dari perusahaan kepada penumpang.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Kapten Rudiana masih melakukan penyelidikan terkait jumlah manifes penumpang yang berbeda. Sebab, total penumpang selamat dari musibah tenggelamnya kapal tercatat 212 orang bersama awak kapal. Namun manifes penumpang ada sebanyak 153 penumpang.

"Manifes ada 153 penumpang, tapi kenyataannya yang kita data penumpang selamat ada 212 penumpang, dan ini akan kita selidiki adanya selisih dari manifes ini," kata Rudiana. 

KM Wihan Sejahtera rute Surabaya-Labuan Bajo-Ende (NTT) tenggelam di perairan Tanjung Perak setelah bertolak dari Terminal Jamrud, Tanjung Perak. Seluruh penumpang dinyatakan selamat. Penumpang di evakuasi ke Surabaya dan kota sekitarnya.

Kapal jenis roro itu dioperasikan PT Trimitra Samudra dan memiliki panjang dan lebar masing-masing 120.6 meter dan 23.12 meter, dengan berat kapal 9.786 GRT.


(SAN)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /