Rumah Digusur, Warga Kali Sekretaris Tinggal di Musala

Wanda Indana    •    19 November 2015 14:25 WIB
penggusuran
Rumah Digusur, Warga Kali Sekretaris Tinggal di Musala
Ninik terpaksa tinggal di musala--Metrotvnews.com/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehidupan Ninik, 39, menjadi payah ketika rumahnya digusur. Dia bersama keluarga lain yang terkena penggusuran kini terpaksa tinggal di musala yang belum jadi.

Ninik sudah menetap di musala bersama suami dan dua anaknya selama satu minggu. Semua kegiatan rumah tangga dia lakukan di sana. "Semenjak digusur kami pindah ke sini. Sebelumnya menumpang di rumah tetangga," kata Ninik kepada Metrotvnews.com, Kamis (19/11/2015).

Ninik jelas kecewa. Menurut dia, Pemprov DKI ingkar janji. Padahal, Ninik bersama warga lain sudah berdiskusi intensif membahas penertiban pinggiran Kali Sekretaris dengan pihak kelurahan.

Dia bersama warga lain sudah tiga kali dalam satu tahun terakhir secara khusus diundang ke Balai Kota bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, untuk membahas penertiban. Kata dia, Ahok berjanji menyediakan tempat tinggal sebelum ada penertiban.

"Tapi apa? Percuma. Tidak ada rusun untuk kami. Pertemuan-pertemuan kemarin tidak ada gunanya," Ninik dengan memik tegang.

Sebelumnya, warga bantaran Kali Sekretaris dijanjikan menempati Rusun Daan Mogot. Ninik mengatakan, warga juga sudah meninjau lokasi, namun mereka mendapati Rusun Daan Mogot penuh. Ninik tidak tahu sampai kapan akan tinggal di musala. "Kita sudah cek ke sana, tapi satpam bilang penuh. Ini namanya mempermainkan warga," kesalnya.

Hal serupa diungkapkan, Ida, 38, warga yang rumahnya juga digusur. Dia mengaku kaget karena penggusuran mendadak.

"Padahal dua hari sebelum pembongkaran, saya dan warga tengah berdiskusi membahas pengganti tempat tinggal. Besoknya, tahu-tahu main bongkar saja," Kata Ida heran.

Ida berencana mencari tempat tinggal sementara. Dirinya dan keluarga tidak mungkin terus menerus tinggal di musala. "Hidup saya jadi ribet. Cucian, pakaian yang mau disetrika numpuk. Cari kontrakan ke sana sini. Tapi untung kemarin sudah dapat," ujar dia.


(YDH)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /