Mogok Massal, Sopir Angkot di Surabaya Minta Maaf

Muhammad Khoirur Rosyid    •    19 November 2015 14:26 WIB
unjuk rasa
Mogok Massal, Sopir Angkot di Surabaya Minta Maaf
Aksi sopir angkot di Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Ribuan sopir angkutan kota (angkot) mengaku terpaksa berdemonstrasi di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur. Mereka pun meminta maaf pada penumpang karena aksi tersebut.

Juari, koordinator aksi, mengaku berat melakukan kegiatan itu. Sebab, penumpang di Surabaya membutuhkan jasa angkutan dalam kota. Tapi apa mau dikata, aksi tersebut untuk mengubah nasib mereka.

"Hanya ini yang bisa kami lakukan. Kami mohon maaf pada para penumpang," kata Juari mewakili rekan-rekannya yang beraksi di Surabaya, Kamis (19/11/2015).

Para sopir menggelar aksi untuk memprotes surat edaran Pemerintah Provinsi Jatim yang mewajibkan angkot harus berbadan hukum. Menurut Juari, surat edaran itu 'membunuh' para sopir.

Bila tak berbadan hukum, ungkap Juari, para sopir tak dapat memperpanjang uji kendaraan. Sehingga, sopir tak dapat beroperasi dan mencari uang.

"Sebab, banyak dari sopir angkot hanya memiliki satu angkot. Jadi tidak mungkin bisa kami mendirikan PT (perseroan terbatas)," ujar Juari.

Meski berdemonstrasi, Mat Jalil, sopir lain, mengatakan mereka menggelar aksi dengan tertib. Mereka hanya memperjuangkan nasib para sopir. Mereka pun tak memaksa sopir lain untuk ikut berdemonstrasi.

"Yang mau ikut demo, ya, silahkan ikut demo tidak ada paksaan. Tapi, teman-teman semua sopir angkot di Surabaya solid dan satu juara memperjuangkan nasib bersama," kata Mat Jalil di sela-sela aksi.


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /